globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Kembangkan Wirausaha, Antam Gelar Pelatihan Sablon Untuk Warga Ciguha

NANGGUNG – Pasca penertiban ratusan lapak usaha milik Penambang Emas Tanpa Izin alias PETI (gurandil) di Kampung Ciguha, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu, membuat warga bekas gurandil di Kampung Ciguha yang tidak memiliki pekerjaan diberikan pelatihan pengembangan wirausaha menyablon oleh PT. Antam UBPE Pongkor.

Kegiatan pelatihan sablon yang di ikuti oleh 16 peserta pemuda diharapkan dapat memberikan tambahan keterampilan bagi masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja baru sehingga mencapai kemandirian ekonomi dalam mencapai kebutuhan hidupnya.

Hal itu pun menjadi perhatian serius PT. Antam (Persero) UBPE Pongkor untuk selalu berupaya memberikan pelatihan wirausaha sablon untuk  masyarakat khususnya para pemuda di kampung Ciguha.

Pelatihan sablon yang digelar oleh PT. Antam ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan terhadap pengembangan ekonomi lokal bagi masyarakat yang tinggal disekitar wilayah operasional perusahaan untuk peningkatan kapasitas masyarakat, terutama para pemuda. Pelatihan sablon ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatan kewirausaha’an keterampilan agar mampu mengenali serta memanfaatkan potensi berdasarkan pada pengetahuan lokal (Local wisdom).

General Manejer PT. Antam UBPE Pongkor I Gede Gunawan mengatakan, bahwa kegiatan yang digelar perusahan tambang emas ini merupakan upaya alternatif untuk menciptakan kewirausaha’an bagi warga Ciguha eks penambang emas tanpa ijin (Gurandil).

Diharapkan pelatihan untuk wirausaha sablon ini dapat memberikan keterampilan bagi peserta untuk dapat membuka lapangan kerja baru sehingga mampu mandiri dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, sekaligus dapat mengurangi tingkat pengangguran khususnya di Kecamatan Nanggung,”katanya.

Selain itu I Gede menambahkan, bahwa masyarakat Ciguha tidak saja diberikan pelatihan wirausaha, namun disisi lain perusahaan tambang emas ini akan melakukan pengembangan potensi wisata yang ada diwilayah Desa Bantar Karet, yang daerahnya banyak memiliki daya tarik potensi wisata alam tersendiri.

“Selain upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, juga sekaligus upaya dapat melestarikan lingkungan.

Perusahaan pun menambahkan program pelatihan sablon, karna pelatihan ini juga merupakan sangat baik dalam memastikan dan mendorong  pembangunan perekomomian masyarakat Ciguha yang mandiri, serta dapat memenuhi kebutuhan ekonomi sekaligus dapat mengurangi tingkat pengangguran masyarakat,”terangnya.

Lanjut Kata GM PT. Antam menjelaskan, sehingga untuk kedepannya masyarakat mampu bersaing dalam menghadapi persaingan ekonomi global dikemudian hari.

“Pelatihan ini lakukakan dalam ruangan dengan metode pendidikan orang dewasa, dalam suasana santai namun serius.

Materi disajikan antara teori dan praktek yaitu pengenalan peralatan sablon, teknik dasar sablon, teknik suntik, dan teknik lilin.

Pada hari kedua dan ketiga dilanjutkan dengan materi penyablonan dan tahapan-tahapanya sampai akhir.

Pasca pelatihan ini diharapkan para alumnus dapat mempraktekan hasil pelatihan sekaligus start up untuk pengembangan usaha,” tegasnya kepada Publik Bogor.

Sementara itu Kepala Desa Bantar Karet Pepen Sopandi, sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh PT. Antam terhadap warga Ciguha.

Apa yang telah dilakukan perusahaan Antam, ini merupakan sebuah bentuk komitmen terhadap masyarakat dan Pemerintah, dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat yang nota bennya eks gurandil yang ada dilingkungan sekitar PT. Antam

“Saya bersama warga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada PT Antam atas perhatianya.

“kesempatan ini hanya datang satu kali, terlebih Antam memiliki konsep agrogeoeduturism pada saat pasca tambang, konsep ini merupakan peluang bagi masyarakat untuk dapat terlibat dalam pengelolaan objek wisata nantinya.

Saya optimis bahwa pengembangan ekonomi kedepan melalui objek wisata yang dirintis dan dikembangkan oleh PT Antam ini akan meningkatkan nilai tambah pendapatan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Pepen juga berharap, salah satu manfaat dari pelatihan sablon ini, diharapkan dapat meyajikan souvenir khas dari masyarakat Desa Bantar Karet untuk dipasarkan kepada wisatawan nantinya.

Saya harap masyarakat terutama generasi muda mampu menyajikan souvenir bagi wisatawan dari hasil kerajinan masyarakat nya, seperti kaos, topi, tas yang didalamnya memuat  pesan nilai-nilai kampanye terkait dengan kearifan lokal di Kampung Ciguha.

“Dengan demikian masyarakat diharapkan yang telah mengikuti peserta pelatihan sablon ini dapat serius dan sungguh – sungguh. Karena ini adalah bagian dari ilmu untuk dikembangkan dalam berbagai usaha mandiri nantinya oleh masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, bertempat di Gedung Diklat Pasir jawa.  Kegiatan ini merupakan bagian dari master plan PT. Antam (Perseroan) UBPE Pongkor dalam mencipatakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini pun dihadiri oleh jajaran Pemerintah Desa Bantar karet, Tokoh masyarakat dan GM PT Antam Pongkor I Gede Gunawan, serta staf direksi jajaran PT. Antam UBPE Pongkor.

Wartawan : Agus

Check Also

PUBLIKASI KINERJA DESA CILEUNGSI KIDUL

CILEUNGSI – Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemerintah Desa Cileungsi Kidul, Kecamatan Cileungsi telah melaksanakan berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *