globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

PUBLIKASI KINERJA RSUD LEUWILIANG KABUPATEN BOGOR

RSUD Leuwiliang merupakan organisasi perangkat daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2011. Dalam perjalanannya RSUD Leuwiliang senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik demi tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Bogor Khususnya pembangunan di bidang kesehatan.

Untuk mendukung layanan optimal dan responsif RSUD Leuwiliang senantiasa memberikan semangat kepada seluruh karyawan dan staff lainnya agDrg Wiwikar berpacu terus menerus meningkatkan profesionalitas dan kemampuannya untuk melayani masyarakat.

Dipenghujung tahun 2017 pula layanan hemodialisa bisa berjalan dengan 4 tempat tidur, hal ini untuk melayani pasien yang gagal ginjal yang memerlukan penanganan cuci darah.

Kondisi bangunan rawat jalan yang kini sudah berubah dan sangat luas diharapkan dapat memberikan suasana nyaman bagi masyarakat, dari ruang tunggu pendaftaran, ruang tunggu poliklinik yang memisahkan antara pasien infeksius dan non infeksius, serta layanan ruang apotik yang luas.

Pada tahun 2017 ini banyak kegiatan yang dilakukan untuk pencapaian kinerja sebagai institusi pelayanan kesehatan diantaranya :

  1. Akreditasi RS

Sejak tahun 2015 RSUD Leuwiliang berupaya keras untuk dilakukannya akreditasi rumah sakit versi KARS 2012, namun pada tahun 2016 keinginan itu belum bisa terwujud, hal ini dikarenakan sedang dilakukan pembangunan gedung rawat jalan. Perjalanan panjang menuju rumah sakit terakreditasi sungguh mengobarkan semangat seluruh karyawan rumah sakit. Mulai dari persiapan, self asessmen, bimbingan dari KARS, sampai studi banding ke beberapa rumah sakit yang sudah terakreditasi paripurna, mengapa demikian? Karena RSUD Leuwiliang bertekad untuk menjadi rumah sakit terakreditasi paripurna, dan pada pertengahan bulan Juni tahun 2017 dilakukan visitasi dari komisi Akreditasi rumah sakit (KARS) Kemenkes.

Akreditasi merupakan pengakuan pemerintah bahwa rumah sakit telah memiliki standar pelayanan berdasarkan ketentuan dan ketetapan yang berlaku. Dan kegiatan ini juga merupakan tujuan pembangunan jangka menengah Kabupaten Bogor yaitu semua pelayanan kesehatan baik Puskesmas maupun Rumah Sakit harus terakreditasi pada masa RPJMD 2013 – 2018.

(Foto terlampir)

 

  1. Visitasi Kelas B

Seiring telah terkreditasinya RSUD Leuwiliang, target berikutnya adalah peningkatan kelas rumah sakit, berdasarkan keputusan kementrian kesehatan tanggal 30 Desember 2010 bahwa RSUD Leuwiliang adalah RS Kelas C. Ternyata demand dan kondisi rumah sakit Leuwiliang sudah tidak lagi sesuai dengan keadaan. Maka dari itu pengembangan layanan terus ditingkatkan.

Seiring dengan itu peningkatan kelas rumah sakit adalah kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di Wilayah Bogor Barat, karena pelayanan yang diberikan selama ini masih kekurangan dari sarana dan tenaga pendukung dan hal ini berkaitan dengan kewenangan dan kondisi kelas rumah sakit, maka dari itu usulan peningkatan kelas terus dilakukan.

Harapannya kedepan RSUD Leuwiliang akan menjadi rujukan bagi beberapa rumah sakit kecil di wilayah Bogor Barat.

Sejak tahun 2016 telah dilakukan visitasi untuk peningkatan kelas rumah sakit dari dinas Provinsi Jawa Barat, dan pada bulan Oktober tahun 2017 kembali dilakukan visitasi peningkatan kelas dari provinsi jawa Barat, dengan keputusan bahwa RSUD Leuwiliang di rekomendasikan menjadi Kelas B dengan melengkapi sumber daya manusia terutama dokter spesialis minor dan sub spesialis dan yang menjadi syarat dalam kelas tersebut.

(Foto terlampir)

 

  1. Layanan Informasi (TPID dan IC)

Dalam perjalanannya rumah sakit Leuwiliang senantiasa terus berkembang diantaranya dengan mengembangkan system informasi baik informasi elektronik maupun informasi verbal. Maka dari itu RSUD Leuwiliang memiliki bebarapa system informasi diantaranya :

  1. Pengembangan Tim Pengelola Informasi dan dokumentasi (TPID) yang menjadi kewajiban bagi seluruh SKPD dalam rangka implementasi keterbukaan infomrasi public, segala bentuk pengaduan, saran dan informasi yang diperlukan pelanggan semua tercatat dan dikomunikasikan kepada pelanggan rumah sakit.

Hal yang sudah kami terapkan diantaranya adalah aplikasi SMS Gate away, aplikasi melalui web RSUD Leuwiliang, kotak saran, dan pengaduan langsung

  1. Pengembangan system Layanan pembuatan Akta Kelahiran secara online, layanan ini dilakukan kerjasama dengan dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini merupakan pilot project pembuatan akte kelahiran di institusi rumah sakit, dengan harapan semua anak yang dilahirkan di RSUD Leuwiliang dapat langsung memperoleh akta kelahiran.
  2. Pemantauan dan pengawasan kawasan lingkungan rumah sakit Leuwiliang telah dilengkapi dengan CCTV (Close Circuit Tele Vision) hal ini dilakukan untuk mengawasi hal hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya criminal, penculikan bayi dan sebagainya.
  3. Layanan Unggulan

RSUD Leuwiliang seiring dengan perkembangan dan kondisi geografi serta topografi di wilayah Bogor Barat maka layanan unggulan RSUD Leuwiliang adalah Maternal Perinatal, untuk itu pengembangan penyelamatan bayi BBLR dan bayi melalui peningkatan sarana NICU dan PICU serta penambahan dokter spesialis anak dan dokter spesialis Obstetri, agar penyelamatan bayi dan ibu melahirkan dioptimalkan agar tidak terjadi kematian.

(Foto terlampir)

 

  1. Peningkatan kapasitas SDM

Untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan RSUD Leuwiliang dilakukan beberapa kegiatan peningkatan sumber daya manusia baik yang formal mauppun informal diantaranya :

  1. Pengiriman pelatihan – pelatihan teknik medis seperti Hemodialisa, ACTLS, BTCLS, PPI, SIRS, Refrehing course, seminar, symposium,
  2. Inhouse training bidang medic, keperawatan, pemadam kebakaran, Disaster, Coding Rekam Medis, seminar – seminar
  3. Outbond

Kegiatan outbond di bagi seluruh karyawan dan karyawati RSUD Leuwiliang dilakukan setelah selesainya kegiatan Akreditasi dan Visitasi Rumah Sakit Kelas B, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kekompakan dan sinegritas antara semua unit kerja, Kegiatan ini mensinegrikan komponen-komponen rumah sakit, agar kerjasama antar unit semakin kompak dan harmonis. Pada Tahun 2017 kegiatan dilaksanakan di daerah Labuan Pandeglang Banten.

(Foto terlampir)

  1. Capacity Building

Dengan tema CACARACT Paripurna RSUD Leuwiliang, merupakan akronim dari Capacity dan Caracter Building bagi beberapa karyawan RSUD Leuwiliang adalah peningkatan Capasitas dan Karakter khususnya bagi para Kepala Ruangan, Kepala Instalasi dan Ketua Pokja Akreditasi RSUD Leuwiliang menyongsong Pelaksanaan Akreditasi SNARS (Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit) pada Juni 2018 mendatang. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal Desember 2017 yang bertempat di Lombok NTB tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas para pimpinan unit dan manager Rumah sakit untuk mempertahankan nilai Akreditasi yang sudah di capai agar terus konsisten.

(Foto terlampir)

  1. Layanan Spesialistik Rawat Jalan

Pada tahun 2017 layanan Rawat jalan RSUD Leuwiliang kian bertambah seiring dengan bergabungnya beberapa dokter spesialis seperti Spesialis Penyalit Dalam, Spesialis Jiwa, dan pada awal 2018 sudah bisa melayani spesialis Orthopaedi, Bedah anak, dan Gigi anak.

Seiring berkembangnya RSUD Leuwiliang menuju Rumah Sakit Type B pada Tahun 2017 telah bergabung beberapa Dokter Spesialis diantaranya Dokter Spesialis Saraf dan Bedah Orthopaedi. Adapun daftar Layanan Spesialistik sebagai berikut:

NoLayanan SpesialistikNama Dokter
1Poli Parudr. Alma Thahir Pulungan, Sp.P

dr. Amalia K Mansur, Sp. P, MARS, FISR

2Poli Anakdr. Firman Sah Anthonius, Sp. A
dr. Wulan Praticia Telew, Sp. A
dr. Jenny Br. Ginting, Sp. A
3Poli Dalamdr. Miko Galastri, Sp. PD
dr. Muslimah Luhuna, Sp. PD
dr. Dadang Herdiana, Sp. PD

dr. Pipik Ripai, MSc, Sp. PD

4Poli THTdr. Margi Yati Soewito, Sp. THT-KL
dr. Wahyu Sigit Purnama, Sp. THT-KL
5Poli Bedahdr. Ivan Hendra S, Sp. B-KBD
dr. Beriman Parhusip, Sp. B
dr. Rio Andreas, Sp. B

dr. Deny Handayanto, Sp. B

6Poli Bedah Anakdr. Veronica Rumiris Manurung, Sp. BA
7Poli Matadr. R. Leni Maelani Patimah, Sp. M
dr. Elisabeth Handayani, Sp. M
8Poli Rehab Medikdr. Hendriko, Sp. K.F.R, MARS, AKK
9Poli Obgynndr. Widja Widajaka, Sp. OG
dr. Irfan Mulyana Mustofa, Sp. OG
dr. Ika Fransisca, Sp. OG
dr. Muhamad Mulyadi, Sp. OG
10Poli Akupunturdr. Suhana, Sp. Ak
11Spesialis Konservasi Gigidrg. Titty Sulianty, Sp. Konservasi Gigi
12Spesialis Gigi Periodontikdrg. Yulia Santi Eko Wulandari, Sp. Perio
13Spesialis Kesehatan Gigi Anakdrg. Setia Budi Hutapea, Sp. KGA
14Poli Umum Gigidrg. Chrisming Wiraja
drg. Ignatius Wisnu Hantoro
drg. Rina Rahmayani
15Poli DOTSdr. Andrian Wulur
16Poli Umum dan MCUdr. Ni’ma Nurani K
17Poli Kulit & Kelamindr. Vita Silvina, Sp. KK
18Poli Kedokteran Jiwadr. Candra Irawan, Sp, KJ
19Spesialis Syarafdr. Yuliantry Indah Lestari, M. Biomed, Sp. S
20Spesialis Orthopaedi dan Traumatologidr. Endi Permana, M. Biomed, Sp. OT
  1. Layanan Hemodialisis

Pada Tahun 2017 dilakukan KSO antara RSUD Leuwiliang dengan pihak ketiga untuk melakukan layanan Hemodialisa bagi masyarakat yang membutuhkan cuci darah. Dengan dimotori Oleh dr. Pipik Rifai SpPD, MSi yang telah mendapatkan pelatihan Hemodialisis maka pada akhir Tahun 2017 Layanan Hemodialisis dapat dibuka jumlah tempat tidur sementara 4 TT dan pengembangan mengikuti kebutuhan pasien nantinya.

(Foto terlampir)

  1. Layanan Penunjang (Laparascopy)

Untuk membantu penegakan Diagnosis pasien, RSUD Leuwiliang Dilengkapi dengan beberapa alat penunjang dan Instalasi Penunjang diantaranya :

  1. Laboratorium
  2. Radiologi
  3. USG

Dan pada Tahun 2017 RSUD Leuwiliang telah dilengkapi dengan alat Laparascopy sebagai deteksi dan membantu menegakan diagnosis kasus Bedah, dengan Penanggung Jawab Dokter Spesialis Bedah disestive (dr. Ivan Hendra SpB. FInaCS).

(Foto terlampir)

Check Also

  Ballack Bakal  Calon Direktur Olahraga Chelsea

  PUBLIKBOGOR –  Mantan gelandang Chelsea, Michael Ballack, dirumorkan menjadi direktur olahraga Chelsea mulai musim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *