globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Akibat Rokok, Warga Bandung Terserang Penyakit

BANDUNG – Perokok di Kota Bandung dari tahun ke tahun terus meningkat, terutama pada usia muda. 37 persen di antaranya perokok aktif. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Nina Manarosana mengatakan, jumlah perokok terus meningkat. Padahal dampak yang ditimbulkan sangat mengkhawatirkan.

Berdasarkan hasil survei, 8 tahun lalu, penyakit akibat rokok yang menonjol di Kota Bandung hanya 2-3 dari 10 penyakit yang menyebabkan kematian. Namun kini menjadi 8 dari 10 penyakit.

“Tahun kemarin melonjak 8 dari10 penyakit terbanyak di kota Bandung,” ujar Nina di Bandung,

Hasil survei 2017, sebanyak 37 persen perokok merupakan perokok aktif. Berbagai dampak negatif terutama dari rokok tembakau, mengintai. Di antaranya stunting (gangguan pertumbuhan pada anak). Namun hal itu harus diteliti lebih lanjut meskipun korelasinya ada.

“Perlu penelitian lebih lanjut, tapi yang jelas anak-anak stunting biasanya dikelilingi orang merokok,” kata Nina. “Penelitian public health menghubungkan korelasi yang kuat antara stunting dengan lingkungan merokok, cuma kenapa dia bisa stunting itu medis, jadi perlu penelitian lebih lanjut,” imbuhnya.

Peneliti Yayasan Pemerhati Publik (YPKP) Indonesia dan Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR (Kabar) Amaliya menceritakan penelitiannya. Dalam penelitian Maret -Mei 2017 menunjukkan, perokok memiliki jumlah inti sel kecil (micronuclei) dalam kategori tinggi yakni sebanyak 147,1.

“Dari penelitian sel, perokok tembakau memperlihatkan k Kasus kebakaran masih diselidiki oleh Polres Metro Jakarta Pusat.(Kompas TV) etidakstabilan sel. Ketidakstabilan sel itu sebagai indikator terjadinya kanker di rongga mulut,” ungkapnya.

Kompas.com

Check Also

Paslon No 5 Laporkan 10 Penyelenggara Pemilu ke DKPP RI

CIBINONG – Polemik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *