globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Cuma Rp10 Ribu Buat Naik Kereta Minangkabau

JAKARTA –  Presiden Joko Widodo meresmikan kereta Api Bandara   Internasional Minangkabau pada Senin (21/5), setelah melakukan uji coba sejak 1 Mei lalu. Harga tiket kereta bandara ini terbilang murah dibanding Kereta Api Bandara Soekarno Hatta dan Kualanamu, yakni hanya berkisar antara Rp5 ribu hingga Rp10 ribu.

Kereta Bandara Minangkabau ini terdiri dari empat gerbong dengan 200 tempat duduk, dan merupakan kereta bandara ketiga di Indonesia, setelah KA Bandara Soekarno-Hatta dan KA Bandara Kualanamu, Medan.

Dalam sehari, KA Bandara Minangkabau akan melayani lima kali pergerakan pulang pergi dari Stasiun Simpang Haru Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau. Jumlah penumpang yang bisa diangkut kereta ini mencapai 393 orang.

Tarif KA Minangkabau Ekspres hanya Rp10 ribu untuk jarak terjauh dari Stasiun Padang ke Bandara Minangkabau dengan waktu tempuh 40 menit. Adapun bagi penumpang yang hanya separuh jalan, misalnya dari Stasiun Padang ke Tabing hanya cukup membayar Rp5 ribu untuk sekali jalan.

Jokowi menjelaskan, murahnya harga tiket Kereta Bandara Minangkabau dibandingkan Soekarno Hatta, lantaran proyek kereta api ini didanai oleh APBN. Sedangkan Kereta Bandara Soekarno Hatta didanai oleh swasta.

“Saya perintahkan 3 tahun yang lalu, alhamdulillah pada hari ini selesai,” terang Jokowi dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (22/5).

Jokowi berharap tersedianya kereta bandara yang kini tersedia dii Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kualanamu, dan Bandara Minangkabau mampu mengurangi penggunaan mobil pribadi. Dengan demikian, kemacetan di jalan menuju bandara pun dapat terurai.

Ia juga mengaku akan membiasakan masyarakat untuk menggunakan transportasi massa, baik kereta, busway, hingga nantinya MRT dan LRT.

“Tanpa itu, di kota manapun di seluruh dunia pasti akan macet karena orang akan ada kecenderungan untuk menggunakan mobil pribadi,” terang Jokowi.

 

CNN

Check Also

Paslon No 5 Laporkan 10 Penyelenggara Pemilu ke DKPP RI

CIBINONG – Polemik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *