globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Makan Telur Sehari Sekali, Bagus Buat Jantung

JAKARTA –  Telur adalah salah satu bahan makanan yang praktis untuk diolah saat sahur atau saat hanya punya waktu sempit untuk memasak.

Meski praktis dan mudah diolah, telur juga punya rasa yang enak. Bahkan menurut penelitian, telur memiliki beragam nutrisi yang baik bagi tubuh mulai dari protein, vitamin hingga asam lemak esensial. Nutrisi ini dapat membuat setiap orang yang mengonsumsi telur merasakan manfaat dalam jangka pendek hingga jangka panjang.

Penelitian terbaru menunjukkan menyantap satu butir telur setiap hari dapat mengurangi kemungkinan risiko dan berkembangnya penyakit kardiovaskular di masa depan.

Studi yang dilakukan oleh gabungan tim peneliti dari China dan Inggris ini membedah hubungan frekuensi konsumsi telur dengan risiko terhadap penyakit-penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti kardiovaskular, stroke, dan jantung korener yang menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung.

Professor Liming Li dan Canqing Yu dari Peking University Health Science Centre yang memimpin penelitian ini menganalisis data yang dikumpulkan oleh China Kadoorie Biobank itu sudah dikumpulkan sejak 2004 hingga 2008 dari 10 wilayah berbeda di China.

Sekitar lebih dari 400 ribu orang dewasa di China dengan rentang usia 30 hingga 79 tahun berpartisipasi dalam riset ini. Peneliti khusus memilih partisipan yang tak punya riwayat penyakit kanker, kardiovaskular dan diabetes.

Awalnya, setiap peserta studi ditanya seberapa sering mereka mengonsumsi telur. Kemudian, para peneliti mencatat riwayat kesehatan mereka hingga sembilan tahun kemudian.

Peneliti lalu membandingkan sebanyak 13,1 persen partisipan yang mengonsumsi telur setiap hari dengan 9,1 persen partisipan yang jarang mengonsumsi telur.

“Temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi telur setiap hari berkaitan dengan risiko rendah penyakit kardiovaskular, penyakit jantung iskemi, kejadian serangan jantung koroner, dan stroke pada orang dewasa setengah baya di China,” kata Liming Li dan Canqing Yu menyimpulkan riset mereka, dikutip dari Independent.

Penelitian yang diunggah di jurnal Heart itu menemukan risiko menderita stroke pada orang yang mengonsumsi telur setiap hari berkurang 26 persen. Risiko meninggal karena stroke berkurang 28 persen dan risiko meninggal karena kardiovaskular juga menurun 18 persen. Selain itu, kemungkinan berkembangnya penyakit jantung sistemik juga berkurang 12 persen.

Para peneliti percaya mengonsumsi telur berhubungan dengan berkembangnya penyakit jantung meskipun penyakit itu juga disebabkan oleh beberap faktor lain seperti merokok dan obesitas.

 

CNN

Check Also

Paslon No 5 Laporkan 10 Penyelenggara Pemilu ke DKPP RI

CIBINONG – Polemik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *