globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Polres Bogor Temukan Makanan mengandung Formalin

CIBINONG – Menghindari adanya peredaran makanan yang mengandung zat berbahaya, Polres Bogor bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menggelar razia Pasar di Pasar Cibinong.

Kasat Narkoba Polres Bogor, AKP Andri Alam mengatakan,  operasi yang dilakukannya, sudah berdasarkan arahan dan intruksi Kabareskrim – Dir IV Bareskrim Mabes Polri – Direktur Narkoba PJB, pada 17 Mei 2018 tentang pengawasan di pasar terhadap makanan atau sejenisnya yang bisa mengandung bahan berbahaya seperti formalin atau boraks.

Disamping itu, dalam perintah tersebut sudah termaktub pada  UU RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, UU RI Nomor 8 Tahun 2009 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 142 jo Pasal 91 ayat 1 UU RI Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan dan UU RI Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

“Kita ada 25 personil gabungan dan ini sebagai bentuk sinergitas antar instansi,” ujarnya, (31/5

Untuk lokasi Pasar yang dituju, katanya, pertama mendatangi pasar Induk Cibinong, dengan disisir oleh petugas serta tim gabungan dan mengambil makanan secara random untuk dijadikan sampling  yang diduga mengandung bahan berbahaya pada makanan seperti tahu putih, mie kuning, kikil, ikan asin, mie golosor, sarden makarel, dan bleng dan langsung di tes dilokasi.

“Ada disalah satu toko kios 078 kedapatan menjual mie kuning basah yang mengandung formalin,” katanya

Kemudian, lanjut Andri sapaan akrabnya, hasil uji makanan yang didapati tim gabungan diantaranya, tahu putih di kios Isak los 037 negatif. Mie glosor dan kikil di kios Muari los 098 negatif.  Ikan asin cumi dan ikan asin pari di kios Ajo los 021 positif formalin serta  Sarden makarel hasil negatif cacing pita.

“Yang positif kita lakukan pembinaan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Selanjutnya kita akan pengembangan kepada bahan yang sudah mengandung formalin,” tuntasnya

Wartawan : Mul

Check Also

Heboh Kartu Sakti Bikin Irit Listrik Hingga BBM, Ini Kata ESDM

PUBLIK BOGOR – Xtra card atau kartu sakti yang disebut bisa menghemat daya listrik hingga bahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *