globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Sakit Kepala saat Puasa, Ini Solusinya

JAKARTA –  Bulan puasa sudah tiba dan puasa menjadi kewajiban umat Islam di seluruh dunia.

Namun tak jarang mereka yang menjalankan ibadah puasa mengalami sakit kepala. Hal ini kerap membuat orang membatalkan puasa demi mengatasi rasa tidak nyeri yang menyerang kepala.

“Sakit kepala kadang muncul saat siang atau sore jelang berbuka. Frekuensinya pun kerap meningkat seiring waktu puasa. Padahal pasien yang mengalaminya juga tidak memiliki riwayat sakit kepala atau migrain,” ujar Dokter Elliot Shevel, ketua South African Headache Society dikutip dari Southland Sun

Lalu, bagaimana melenyapkan sakit kepala yang mengganggu selama puasa?

Kebiasaan mendapatkan asupan kafein harian berlebihan saat sedang tak berpuasa dianggap menjadi biang kerok penyebab sakit kepala.

Untuk menghindarinya, konsumsi kafein yang berlebihan harus dilakukan jelang berpuasa. Kebiasaan mengurangi asupan kafein berlebih ini seharusnya dilakukan beberapa hari atau seminggu jelang puasa.

Namun selain kafein, hipoglikemia atau kadar gula darah rendah juga dapat jadi pemicu sakit kepala.

Konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi sebelum puasa bisa menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah. Saat puasa, kadar gula pun turun drastis dan berpotensi menimbulkan sakit kepala.

Elliot menyarankan orang untuk menjaga asupan gula selama puasa agar tidak berlebihan dengan drastis saat sahur dan berbuka.

Di sisi lain, dehidrasi juga punya andil dalam sakit kepala yang dirasakan mereka yang berpuasa. Otak manusia sebagian besar terdiri dari air dan sensitif terhadap kekurangan cairan yang masuk ke tubuh.

Otak akan mulai memproduksi histamin saat merespons kurangnya asupan cairan. Histamin berfungsi untuk mendistribusikan dan menjaga kadar air dalam otak. Ia melakukan antisipasi jika kondisi minim asupan cairan berlangsung dalam jangka waktu lama.

Produksi histamin juga membawa dampak negatif yakni timbul rasa sakit dan lelah atau dengan kata lain timbul sakit kepala, sehingga penting untuk menjaga asupan cairan selama puasa dengan mengontrolnya saat sahur dan berbuka.

“Pasien juga sebisa mungkin menjauhkan diri dari stres, kelelahan dan kurang tidur selama puasa, ini juga bisa jadi penyebab sakit kepala,” katanya.

CNN

Check Also

Ratusan Ribu Masa JADI Ramaikan Ruas Jalan Bumi Tegar Beriman

DRAMAGA – Iring-iringan masa pendukung pasangan Calon Bupati Bogor nomor urut tiga yakni, H. Ade …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *