globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Heboh Kartu Sakti Bikin Irit Listrik Hingga BBM, Ini Kata ESDM

PUBLIK BOGOR – Xtra card atau kartu sakti yang disebut bisa menghemat daya listrik hingga bahan bakar minyak (BBM) dijual lewat Facebook. Kartu sakti ini disebut mampu menghemat penggunaan daya listrik, konsumsi BBM, hingga gas Elpiji.

Produk ini ditawarkan oleh akun Chairus Mitra Usaha Mandiri dengan judul “Xtra Card. Kartu/Alat penghemat daya listrik,bbm,gas. Hemat 30 & 3-5tahun penghematan”. Pemesanan bisa dilakukan di Aceh maupun wilayah Jabodetabek melalui nomor telepon yang disertakan dalam promosi tersebut.

Dalam unggahan tersebut juga ditampilkan beberapa foto terkait penggunaan kartu sakti tersebut. Di foto tersebut, kartu ditempelkan di meteran listrik yang dipercaya bisa menghemat konsumsi listrik.

Cara yang sama juga dilakukan di tabung gas Elpiji 3 kilogram (kg). Kartu dipasang di ujung selang gas yang berada di mulut tabung.

Kartu sakti ini juga disebut bisa menghemat konsumsi BBM. Caranya dengan ditempel di penutup bensin di kendaraan bermotor.

Dalam unggahan tersebut juga ditulis beberapa manfaat dari penggunaan kartu tersebut, antara lain mengurangi tagihan listrik, menambah jarak tempuh kendaraan atau mengirit konsumsi BBM dan gas, mengurangi efek radiasi handphone, dan membantu kesehatan.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Andy Noorsaman Sommeng menegaskan, kartu itu ilegal.

“Itu ilegal,” kata dia di sela-sela halal bihalal di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, (22/6).

Ia menambahkan, segala sesuatu yang tidak dikeluarkan oleh PT PLN (Persero), dan tidak direkomendasikan pemerintah terkait penggunaan listrik adalah ilegal.

“Segala sesuatu yang tidak dikeluarkan oleh PLN, dan direkomendasi oleh pemerintah itu ilegal,” jelasnya.

Bahkan, dia mengatakan, hal tersebut berisiko pada tindak pidana. Sebab, melanggar undang-undang.

“Itu melanggar undang-undang,” tutupnya.

Wartawan : Daus

Check Also

JL. Ahmad Yani Sarang Begal

KOTA BOGOR – Aksi brutal komplotan begal motor muncul lagi di Kota Bogor. Aksinya terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *