globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Khusus Lebaran, BPJS Kesehatan Buka Akses Mudik Nyaman 

CIBINONG – Mudik lebaran, masyarakat tidak perlu khawatir saat Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berpulang ke kampung halaman. Karena H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018, peserta JKN-KIS tetap mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul fitri ditambah tersedianya Fasilitas KesehatanTingkat Pertama (FKTP) bagi masyarakat.

“Prinsip portabilitas pada Program JKN-KIS sesuai dengan peraturan perundangan, peserta dapat mengakses pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP), walaupun

peserta itu tidak terdaftar di FKTP karena sudah menjadi bagian dari perianjian kerjasama antara BPJS Kesehatan dan faskes, dan faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cibinong Desi Sri Zulaidah dalam konferensi pers  bertemakan Mudik Nyaman Bersama BPJS di Aula Kantor BPJS Kesehatan, (4/6).

Desi menambahkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku bagi FKTP Non Puskesmas (Klinik Pratama dan Dokter praktek perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan. Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta

membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan ?FKTP maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis yang jelas, seperti berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani serta fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta,”himbau Desi.

Ibu berkaca mata itupun menghimbau kepada peserta JKN -KIS diwajibkan untuk selalu membawa kartu JKN -KIS saat mudik lebaran dan jika terlalu risih, peserta pun bisa mendwonload aplikasi BPJS sebagai alat pengganti kartu BPJS dengan fiture mudik BPJS secara gratis di Googleplay Store.

“yang terpenting dan perlu diingat oleh masyarakat, kartu itu aktif dan selalu mengecek pembayaran status kartu,” terangnya

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Carecenter 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur, untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi danaktivasi), pendaftaran peserta JKN-KIS, pendaftaran bayi baru tahir kategori PPU anak pertama sampai dengan anakketiga dan bayi peserta PBI-APBN serta mengetahui perhitungan denda pelayanan, Kantor Cabang BPJS Kesehatantertentu iuga akan tetap beroperasi pada tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20 Juni 2018 dari pukul 08. 00 – 12 00.

“BPJS Kesehatan membuka posko Mudik di 8  titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area KM 57 Cikampek, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta,Terminal Bungurasih surabaya, pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten. Posko Mudik BPJS Kesehatan yang digelar pada 9-14 Juni 2018 dengan menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga pemberian informasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik,” tuntasnya.

Wartawan : Mul

Check Also

Satu Orang Pelajar di Cigudeg Tewas Terseret Tronton 15 Meter

CIGUDEG – Satu unit truk Hino tronton bernomor Polisi B. 9645 .YM yang bermuatan bahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *