globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Taruna Tani Indonesia Dukung Pengusutan Perampasanan Lahan di Jonggol

CIBINONG – Kasus dugaan perampasan tanah milik masyarakat di Desa Singasari, Kecamatan Jonggol, terus menjadi perhatian publik. Perampasan tanah ini bukanlah suatu hal yang baru yang terjadi di Indonesia. Perampasan sendiri dapat diartikan dengan perbuatan mengambil hak atau harta dengan sewenang dengan tidak mengindahkan hukum dan aturan, seperti menempatkan tanah orang lain yang bukan merupakan haknya.  Banyak pihak setuju agar kasus tersebut ditindaklanjuti oleh pihak-pihak berwenang, khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Taruna Tani Indonesia Bogor Fahrur Roza mendorong agar kasus ini segera diproses secara hukum oleh KPK. Menurutnya, proses hukum harus tegak tanpa melihat status dari oknum siperampas tanah masyarakat tersebut.

“Untuk itu bagi masyarat Desa Singasari yang merasa dirugikan haknya,  untuk tetap mengawal kasus ini  sebagaimana diatur dalam pasal 165 kitab undang- undang Hukum Pidana,” ujar Fahrur dalam rilisnya kepada awak media, (6/6).

Ia menjelaskan, berdasarkan kitab Undang-Undang Hukum Pidana  (KUHP) Pasal 385 ayat 1, barang siapa dengan  maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, menjual, menukarkan atau membebani dengan credietverband suatu hak tanah yang belum bersertifikat, padahal ia tahu bahwa orang lain yang mempunyai hak atasnya, diancam pidana paling lama 4 (empat) tahun penjara.

“Selanjutnya masyarakat dapat menempuh proses perdata ke pengadilan untuk mengajukan pembatalan sertifikat tanah yang telah terbit,” tukasnya.

Wartawan : Die

Check Also

Google Luncurkan Ponsel Harga Rp 99 Ribu, Dipasarkan di Alfamart

PUBLIK BOGOR – Vice President of Engineering Google Assistant, Scott Huffman mengatakan akan mengeluarkan ponsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *