globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

HIV dan AIDS, Apa Sih Bedanya?

PUBLIKBOGOR – Human Immunodeficiency Virus atau HIV merupakan penyakit yang berbeda dari Acquired Immunodeficiency Syndrome atau AIDS. Sering kita kenal dengan sebutan HIV-AIDS, sehingga banyak orang salah kaprah menganggap bahwa mereka adalah penyakit yang sama.

Dijelaskan oleh dr Adiyana Esti dari Blog Klinik AngsaMerah Jakarta, HIV dan AIDS adalah sesuatu yang berbeda. AIDS timbul akibat rusaknya sistem pertahanan tubuh karena HIV. Sehingga semua pengidap AIDS sudah pasti terserang HIV, namun tidak semua pengidap HIV akan menjadi AIDS.

HIV merupakan penyakit di mana sebuah virus yang menyerang CD4 dalam sel T yang merupakan bagian dari sel darah putih. Fungsi CD4 di dalam tubuh adalah sebagai ‘alarm’ bahwa tubuh telah dimasuki oleh substansi asing atau virus berbahaya.

Sehingga, dengan lumpuhnya CD4 akibat virus HIV, tubuh tidak akan bisa mengenali infeksi atau penyakit apapun yang masuk ke dalam tubuh. Lalu sistem kekebalan tubuh manusia akan terganggu maka tubuh tidak akan bisa lagi mempertahankan dirinya dari kuman-kuman, dan akhirnya menjadi AIDS.

“Dengan pengobatan yang baik ODHA tidak akan menjadi AIDS. ODHA bisa punya kualitas hidup yang baik, bisa mengejar cita-citanya, bisa melakukan banyak hal. Ternyata banyak juga tuh yang usianya sampai tua, saya pernah ketemu orang yang usianya 79 tahun,” jelas dr Esti.

dr Esti mengatakan bahwa banyak yang menyebut jika sekali terinfeksi HIV maka seseorang akan menjadi sakit-sakitan, padahal tidak. Kecuali jika sudah menjadi AIDS, yang bahkan bisa menyebabkan kematian karena tubuh sudah kesulitan untuk menjaga kekebalannya sendiri.(DETIK)

Check Also

KPK Panggil Ketum PPP Romahurmuziy Kasus Dana Perimbangan

JAKARTA – Penyidik pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)hari ini memanggil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *