globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Selamatkan Mata Air Cibuluh, Ratusan Warga dan Kades Gelar Tanam Pohon Masal

SUKAJAYA – Desa kiarasari, Kecamatan Sukajaya merupakan salah satu desa yang berada di lereng Gunung Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang telah menjadi penyuplai mata air, khususnya di empat kampung yakni kampung Cibuluh, pasiripis, pasirbendera, Cipeundeuy. Ada sekitar 2.750 jiwa yang memanfaatkan mata air ini, oleh karena itu perlu adanya sebuah komitmen bersama untuk selalu menjaga kondisi ketahanan air di daerah ini.

Upaya yang dilakukan 300 Kepala Keluarga (KK) tersebut, mulai dari kegiatan penyelamatan lingkungan, penyelamatan sumber mata air, konservasi alam, dan penanaman sebanyak 3.000 bibit pohon Andemik, yang merupakan bibit tersebut bantuan dari PT. Antam Tbk, UBPE Pongkor.

Untuk melakukan penyelamatan hulu mata air di empat Kampung tersebut, Nurodin Nurhawan atau yang lebih dikenal Jaro Peloy, sebagai Kepala Desa Kiarasari, sangat berkomitmen dengan program yang mengarah pada penyelamatan lingkungan dan sumber mata air.

Dirinya menuturkan menuturkan, bahwa kegiatan yang dilakukan bersama 300 kepala keluarga merupakan langkah nyata yang dilaksanakan oleh pemerintah desa bersama masyarakat, ini adalah program penanaman masal di hulu cai, dalam rangka penyelamatan mata air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidurian daerah mata air Cibuluh.

“Pemerintah Desa Kiarasari, bersama masyarakat melakukan gerakan masal menanam Pohon ini merupakan insiatif warga dan dibantu 3.000 bibit pohon endemik dari PT. Antam Tbk, UPBE Pongkor, dalam rangka untuk penyelamatan mata air Cibuluh,” tutur Jaro Peloy, (12/8).

Jaro Peloy juga menjelaskan, penanaman bibit pohon ini dilakukan diblok sungapan, yang juga merupakan mata air ini digunakan oleh empat kampung, yakni Cibuluh, Pasiripis, Pasirbendera, dan Cipeundeuy. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dikawasan Hulu Blok Sungapan, Gunung Taman Nasional Halimun Salak.

“Kegiatan penanaman yang kami gagas ini memiliki prospek pengembangan dan pemanfaatan sumber mata air. Hampir seluruh bagian tanaman andemik ini dapat dimanfaatkan dan menghasilkan bermacam produk yang memiliki nilai ekonomi,” jelasnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Desa Kiarasari Rozak Nurhawan mengungkapkan, penanaman simbolis ini dilakukan dengan diawali penyerahan bibit tanaman andemik dari warga kepada Kepala Desa Kiarasari.

“Komitmen budaya menanam ini telah kami laksanakan agar menjadi bagian dari semangat warga masyarakat Desa Kiarasari agar selalu menjaga kelestarian lingkungan sehingga kampung Cibuluh yang berada di bawah lereng gunung kawasan Taman Nasional Gulung Halimun Salak ini, merupakan sekaligus daerah hulu mata air Cibuluh yang mengalir ke hilir melalui Sungai Cidurian.

“Kami bersama masyarakat akan terus melakukan menanam pohon sebanyak-banyaknya agar mata air dari hulu Cibuluh terus mengairi warga yang berada dihilir,” ungkapnya.

Rozak berharap, kegiatan penanaman pohon secara masal dikawasan Blok Sungapan mata air Cibuluh ini semoga bermanfaat dan meminta masyarakat untuk selalu berupaya menjaga kelangsungan kehidupan bagi masyarakat desa kiarasari.

“Karena kawasan Kampung Cibuluh ini merupakan salah satu yang dapat memberikan daya tarik bagi wisatawan dengan panorama alamnya diwilayah Desa Kiarasari,” pungkasnya.

Wartawan : Agus

Check Also

Timsus 1901 Tanah Sareal Gelar Mancing #Ngabret

BOGOR – Ketua Korcam Timsus 1901 Tanah Sareal, Sahrul mengajak, seluruh warga untuk terus merawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *