globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Wacana Elon Musk Bikin Mobil Listrik Murah di 2021

JAKARTA – CEO Tesla Elon Musk menyebutkan Tesla mungkin dalam tiga tahun yang akan datang bisa menciptakan mobil listrik murah. Pernyataan tersebut diucapkannya bersamaan dengan pengakuan Musk bahwa hal itu sangat sulit dilakukan mengingat ekonomi dan  persaingan dalam industri otomotif.

Wacana tersebut diungkap di tengah gejolak rencana privatisasi Tesla. Musk mengakui jika perusahaan yang didirikannya sulit bersaing dengan para pemain besar seperti General Motors (GM) atau Ford. Pasalnya, ia mengatakan posisi perusahaan sebagai produsen otomotif berskala kecil dibandingkan dengan GM dan Ford di industri yang sangat kompetitif.

Musk mengatakan Tesla kemungkinan bisa menciptakan mobil listrik berkualitas yang bisa dijual dengan harga US$25 ribu atau sekitar Rp364 juta. Sebagai perbandingan, saat ini harga  mobil Tesla termurah, yakni Tesla Model 3 adalah US$35 ribu atau sekitar Rp510 juta.

“Tesla benar-benar fokus untuk membuat mobil lebih terjangkau yang sangat sulit dicapai. Untuk membuat mobil lebih terjangkau, Anda perlu volume tinggi dan skala ekonomi. Saya pikiri dengan kerja keras kami bisa menjual mobil seharga US$25 ribu pada tiga tahun ke depan” kata Musk.

Ia kemudian membandingkan pembuatan mobil ke tahun-tahun awal keberadaan ponsel, di mana ponsel tersebut berukuran sangat besar tapi tidak memiliki banyak fitur atau fungsi. Musk meyakini teknologi ke depannya akan membuat semua desain menjadi lebih minimalis tapi bisa memberikan fitur atau fungsi yang luas.

Dengan setiap iterasi desain yang berurutan, Anda dapat menambahkan lebih banyak hal, Anda dapat menemukan cara yang lebih baik untuk memproduksinya, sehingga menjadi lebih baik dan lebih murah.

“Dengan perkembangan alami dari teknologi baru, dibutuhkan beberapa versi dan volume besar untuk membuatnya lebih terjangkau,” ucapnya.

Ia mengau bangga kepada Tesla karena hampir tidak mengeluarkan sepeser pun pengeluaran untuk iklan ataupun endorsement. Menurutunya, Tesla bergantung pada promosi dari mulut ke mulut.

“Kunci  untuk menjual produk adalah memiliki sesuatu yang disukai dan dibicarakan orang. Saya menaruh semua uang dan perhatian kepada pembuatan produk yang semenarik mungkin,” ujar Musk.

Menurutnya, strategi marketing merupakan model bisnis Tesla. Jika orang-orang menyukai sebuah produk maka ia akan memberikan testimoni dan itu berimbas pada bisnis perusahaan tanpa perlu ada biaya tambahan.

Mengutip CNBC, selain mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, ia mengatakan pihaknya tak memberikan diskon untuk produk yang dipasarkan. Bahkan sebagai orang nomor satu di perusahaan yang didirikannya, ia mengaku tetap harus membayar penuh untuk satu unit mobil Tesla.

Sebelumnya, saham Tesla anjlok sekitar delapan persen karena investor meragukan kesanggupan Musk memimpin Tesla. Pasalnya baru-baru ini dalam wawancara eksklusif dengan New York Times, Musk menangis lantaran merasa terlalu lelah bekerja hingga 120 jam per minggu dan harus minum obat tidur atau penenang agar bisa tidur.

Tentu saja hal ini membuat gejolak dalam perusahaan manufaktur mobil listrik ini. Anggota dewan Tesla sangat khawatir dengan kondisi Musk. (CNN)

Check Also

Panitia Pilkades Urug Tetapkan Dua Calon Kandidat Kades

SUKAJAYA – Panitia Pilkades Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menggelar penetapan nama bakal calon menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *