globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Jaldes dan Jaling, Dominasi Musrenbang Bunar

CIGUDEG – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MusrenbangDes) untuk program 2019 mendatang, yang berlangsung​ di Aula Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg Soal infrastruktur jadi pembahasan yang paling mendominasi di Musrenbang tersebut.

Kepala Desa Bunar, Rudi Yusup, mengatakan,” Hasil musrenbang yang paling dominan ke infrastruktur, kebanyakan kebutuhan dari jalan-jalan lingkungan (Jaling) dan Jalan desa (Jaldes) , berikut pengajuan Pasilitas husus (Pasus) Pasilitas umum (Pasum) serta berupa sarana air bersih dan pasilitas lainnya.

“Karna infrastruktur seperti jalan-jalan lingkungan dan Jalan desa, masih menjadi agenda perencanaan pembagunan kedepan,” Dengan musrenbangDes masih pembahasan infrastruktur,” ujar Rudi.

Sebanyak 39 RT, 14 RW dan 5 dusun diwilayahnya pihak desa menampung usulan maupun pengajuan sesuai kebutuhan warga desa.

Pihak desa, mengakomodir serta menampung aspirasinya yang menjadi dasar kebutuhan dimasyarakat, yakni mendominasi pembangunan jalan desa dan jalan lingkungan,” kata Rudi.

Menurutnya, untuk pemerataan pembangunan disetiap dimasing masing dusun ada keterwakilan, apa yang menjadi skala prioritas,” sebutnya.

Ia menambahkan,” Dengan keterbatasan anggaran, dari sekian usulan yang penting di semua wilayah dusun bisa merasakan adanya pembangunan,” imbuhnya.

Dijelaskannya,” Pihaknya masih pokus ke insfrastruktur sekira masih 70 persen,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kasi Ekonomi dan pembangunan Kecamatan Cigudeg, Muhamad Sujai menuturkan,” Kendati demikian kami akan dorong non fisiknya, yaitu pengembangan, antara lain pelatihan dan kewirausahaan dengan korelasinya kaitan penyusunan program BumDes.

“Mulai dari pembinaan dan tata kelolanya supaya tetap dimasukan ke pambahasan musrenbangDes,” tukasnya.

Menurut dia, menyusun rencana kerja tahunan 2018, merupakan amanat undang-undang karena perencanaan ini harus diawal tahun,” Tentu saja konsepnya harus matang dan tepat sasaran,” tutupnya.

Wartawan : Agus

Check Also

Panitia Pilkades Urug Tetapkan Dua Calon Kandidat Kades

SUKAJAYA – Panitia Pilkades Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menggelar penetapan nama bakal calon menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *