globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Kades Urug Genjot Infrastruktur, Demi Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

SUKAJAYA – Walaupun sebentar lagi masa jabatan yang diemban nya sebagai Kapela Desa Urug akan berakhir, namun tidak menyurutkan semangat bapa ber anak dua ini, untuk selalu berbenah dalam melakukan program pembangunan infrastruktur disetiap pelosok dusun dan kampung yang saat ini masih sekitar empat bulan lagi masa jabatan nya akan berakhir.

Ata Iskandar merupakan Kepala Desa termuda dan yang pertama serta sukses dalam menjalankan roda Pemerintahan satu periode di Desa Urug semenjak dipekarkan pada tahun 2012 lalu dari Desa induk Kiarapandak Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Selama menjabat Kepala Desa Urug Ata Iskandar selalu melakukan inovasi serta terobosan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur di setiap pelosok dusun demi untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar Dusun di Desa yang dipimpinnya.

Kepala Desa Urug Ata Iskandar menuturkan, penyerapan anggaran Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemkab Bogor merupakan salah satu program nyata, sehingga pembangunan yang berbasis pemberdayaan masyarakat ini sangat menyentuh kepada masyarakat arus bawah dan sangat bermanfaat dalam menopang kemajuan ekonomi masyarakat.

“Banyak hal dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) seperti halnya pembangunan jalan lingkungan, TPT serta Peningkatan Jalan Desa Kampung Urug Lebak RW. 02, dengan lebar volume Panjang 470 dan Lebar 2,5 meter dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2018,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ata menjelaskan, Pembangunan Infrastruktur jalan desa dengan sistem betonisasi juga dilakukan di Kampung Urug Lebak RT 02/02 dengan panjang 415 meter dan lebar 2,5 meter, sehingga akses jalan tersebut dapat mempermudah masyarakat serta dapat dimanfaatkan juga oleh wisatawan lokal yang ingin berkunjung ke rumah wisata adat kebudayaan Urug.

“Pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) ini merupakan dalam rangka menunjang pembangunan dan peningkatan Ekonomi masyarakat dalam pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat, Khususnya akses jalan pertanian dan wisata rumah adat kebudayaan yang ada di Desa Urug,” ujar Ata Iskandar kepada Publik Bogor, Minggu (2/9/18).

Tantangan lainnya yang perlu diatasi, lanjut pria yang akrab disapa Jaro Ata, yakni melalui pembangunan infrastruktur dan pembangunan RTLH yang saat ini masih banyak untuk dilakukan perbaikan sesuai data base yang ada di Pemerintah Desa.

“Untuk mengoptimal kan pemanfaatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan RTLH dalam proses pembangunan saat ini, tak lain untuk mengurangi tingkat kesenjangan sosial, agar masyarakat Desa Urug dapat menikmati insfratruktur yang layak dan merata sehingga dapat menunjang tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat kedepannya,”jelasnya.

Selain itu, dari jumlah 49 unit pembangunan RTLH di tahun 2018, yang sudah dilaksanakan pembangunannya yakni tahap 1 dengan jumlah 24 unit, untuk tahap dua 25 unit RTLH. Dengan dibagi dua tahap pembangunan RTLH ini sudah hampir selesai.

Sementara itu, Ketua LPM Desa Urug Sukarma mengatakan, dengan masuknya sentuhan pembangunan di setiap Dusun dan Kampung, juga akan mempermudah akses pertanian masyarakat, dan wisatawan yang sering kali berkunjung dari luar daerah ke Desa Urug, sehingga secara otomatis dapat meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat setempat.

“Saat ini manfaat pembangunan infrastruktur yang layak sudah dirasakan oleh masyarakat disetiap pelosok desa. dan Pemerintah Desa Urug mampu memenuhi target yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat juga Pemerintah Daerah untuk menyerap anggaran Dana Desa (DD) yang dipercayakan dalam rangka melakukan proses pembangunan infrastruktur khusus nya di Desa Urug, sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata bagi perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakatnya,”pungkasnya.

Wartawan : Agus

Check Also

Ada Apa Dengan Pevita dan Ariel ?

PUBLIK BOGOR – Rumor soal kedekatan Pevita dan Ariel hingga saat ini masih terus menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *