globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Pipa IPAL nya Bocor, RS Permata Jonggol Bagai ‘Maling Teriak Maling’

CIBINONG – Menyoal kebocoran pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit (RS) Permata Jonggol, bagaikan perumpamaan ‘maling teriak maling’. Semua berawal dari laporan RS Permata Jonggol yang mengeluhkan bau dari limbah pabrik tahu. Setelah didatangi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, ternyata RS Permata Jonggol pun tak begitu mengindahkan limbahnya, sehingga terjadi kebocoran pada pipa IPAL nya.

Salah seorang staf DLH Kabupaten Bogor Fredie mengatakan, memang benar terjadi kebocoran pada pipa IPAL di RS Permata Jonggol. Hal ini diketahui saat DLH berkunjung ke rumah sakit tersebut, karena RS Permata Jonggol mengadu soal limbah pabrik tahu yang menebarkan bau ke areal RS Permata Jonggol.

“Saat itu kami mengunjungi RS Permata Jonggol, untuk melihat kondisi bau dari limbah pabrik tahu yang diadukan oleh RS Permata Jonggol,” katanya kepada Publik Bogor, (12/9).

Saat melihat ke areal belakang RS Permata Jonggol, tuturnya, ternyata ada kebocoran pada pipa IPAL rumah sakit itu, dan sepertinya kebocoran tersebut sudah lama terjadi.

“Saat itu kami tanya pada pihak RS Permata Jonggol mengenai kebocoran pipa IPAL itu, dan menurutnya kebocoran ini baru terjadi. Tetapi, saat tanah yang terkena tetesan air itu ditusuk, ternyata tanah tersebut sangat gembur, jadi kemungkinan kebocoran ini sudah lebih dari dua hari terjadi,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ternyata pihak RS Permata Jonggol yang melaporkan mengenai bau dari limbah pabrik tahu itu, juga tak memperhatikan soal limbahnya sendiri.

Diberitakan sebelumnya, Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) merupakan hal yang wajib ada pada setiap perusahaan yang menghasilkan air limbah, tak terkecuali rumah sakit. Air limbah harus dikelola dengan baik agar tak mencemari lingkungan.
Rumah Sakit (RS) Permata Jonggol diduga lalai dalam mengelola IPAL nya, dan terjadi kebocoran pada pipa IPAL, sehingga sangat berpotensi mencemari lingkungan.

Salah seorang pengunjung RS Permata Jonggol, Joko mengatakan, ada kebocoran pada pipa yang berada di dekat parkiran motor.

“Sepertinya kebocoran itu berasal dari IPAL rumah sakit,” katanya.

Ia menjelaskan, jika kebocoran ini memang benar berasal dari pipa IPAL, maka hal ini akan sangat membahayakan lingkungan.

“Rumah sakit harusnya bijak dalam mengelola IPAL, jangan sampai terjadi pencemaran terhadap lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu, saat Publik Bogor berusaha mengkonfirmasi kebenaran dugaan bocornya pipa IPAL tersebut pada bagian Kesehatan Lingkungan (Kesling) RS Permata Jonggol, selalu tidak ditanggapi. Padahal, sejak tanggal 4 September 2018 Publik Bogor selalu menghubungi Indah yang merupakan bagian Kesling di rumah sakit tersebut.

Wartawan : Daus

Check Also

Panitia Pilkades Urug Tetapkan Dua Calon Kandidat Kades

SUKAJAYA – Panitia Pilkades Urug, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor menggelar penetapan nama bakal calon menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *