globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Potensi BUMDes Belum Dimanfaatkan Optimal

RANCABUNGUR – Pemberdaya­an ekonomi masyarakat desa masih harus mendapat perhatian lebih dari berbagai pihak, seperti potensi BUMDes yang sangat besar ternya­ta belum dapat dikelola dengan baik oleh desa. Bahkan istilah BUMDes saja masyarakat belum begitu ba­nyak mengetahuinya.

Di Kabupaten Bogor BUMDes belum menjadi sebuah pilihan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. Hal inilah yang menjadi perhatian beberapa pihak, seperti yang ungkapkan oleh War­ga Desa Mekarsari, Kecamatan Ranca­bungur. Nana Ju­hana (45), dia ingin potensi ini didorong kehadi­rannya di desa. Sebab akan ba­nyak nilai lebih dari potensi BUM­Des secara umum.

”Banyak setu di Kabupaten Bogor bagian utara, se­perti setu, babakan, Setu Cimulang, Setu Bantar Kam­bing, Setu Kemang, Setu Parajan Jaya, Setu Cilala, Setu Desa Babakan dan masih banyak lagi yang belum diko­lala. Padahal pengelolaan setu dengan baik dan benar bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan,” ujarnya kepada Metropolitan kemarin.

Masih kata Nana, pria yang biasa bergelut dibidang lingkungan hidup ini menyayangkan, anggaran revita­lisasi yang besar tidak dipergunakan dengan baik. Membuat anggaran tersebut menjadi mubazir. Sebelum pengelolaan jatuh kepihak swasta seharusnya setu bisa dijadikan usa­ha milik desa.

Metropolitan

Check Also

Pemkot Bogor Buat Perda Ketahanan Keluarga

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor berencana menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketahanan Keluarga. Langkah tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *