globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Bahaya… Mabuk Pembalut Sudah Menyebar

CIBINONG – Wabah mabuk pembalut tak cuma terjadi di Jawa Tengah, tetapi juga di ibu kota. Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mengindikasikan wabah ini juga terjadi di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Fenomena ini menjangkiti anak-anak dan remaja jalanan. Bagaimana dengan Bogor?

Wabah mabuk menggunakan pembalut wanita ini biasa dilakukan anak-anak dan remaja jalanan. Mereka merebus pembalut terlebih dulu lalu meminum air rebusannya untuk mendapatkan efek mabuk.

Tren ini menggejala diduga karena semakin mahalnya pil koplo, termasuk lem dan obat batuk cair yang sebelumnya biasa digunakan anak-anak jalanan itu untuk mabuk.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengaku pihaknya terus mendalami kasus remaja mabuk rebusan pembalut. ”Kami memang menerima informasi itu. Memang tidak hanya di Jawa Tengah tapi di Jawa Barat dan sekitar Jakarta kita juga menemukan,” kata Arman.

Menurutnya, ada kecenderungan anak-anak meminum air rebusan pembalut sebagai bahan pengganti narkoba. “Ini masih dalam pendalaman kita. Di Karawang, Bekasi dan Jakarta Timur, kita dapatkan informasi,” ujar Arman.

Untuk diketahui, pembalut sebenarnya adalah barang yang legal beredar di masyarakat. Karena itu, Depari mengaku BNN masih mengkaji fenomena tersebut dari berbagai aspek, termasuk aspek hukum.

Dalam proses penyelidikan kasus seperti ini, jelasnya, BNN akan mengkaji aturan yang berlaku serta menelusuri alasan pelaku menyalahgunakan produk tersebut.

Pelaku bisa dijerat hukum jika ada unsur kesengajaan penya¬lahgunaan barang menjadi nar¬kotik. Sebaliknya, BNN akan memberi perlakuan berbeda jika penyidik menemukan unsur ketidaksengajaan.

”Kalau misalnya di situ ada pelanggaran hukum atau memang ada ketidaksengajaan, itu memang berbeda cara penanganannya,” ujarnya.

Sumber : Metro

Check Also

Pemkot Bogor Buat Perda Ketahanan Keluarga

BOGOR – Pemerintah Kota Bogor berencana menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Ketahanan Keluarga. Langkah tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *