globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Jabar Jadi Pelanggaran Pemilu 2019 Terbanyak Di Indonesia

PUBLIK BOGOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia merilis lima daerah dengan pelanggaran pemilu 2019 terbanyak di Indonesia. Jawa Barat menjadi satu di antara lima daerah pelanggar pemilu terbanyak. “Posisi pertama Jawa Timur kemudian disusul Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah,” kata anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo.

Menurut Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu RI, dari awal masa kampanye hingga 5 Maret 2019, tercatat ada 6.280 kasus pelanggaran yang bersumber dari temuan dan laporan. “Dari jumlah itu, diketahui pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) adalah temuan terbanyak. Jumlahnya mencapai 4.695 kasus,” bebernya. Kemudian, lanjutnya, urutan kedua yaitu pelanggaran pidana pemilu sebanyak 485 kasus dan ketiga di kategorikan pelanggaran lainnya seperti pelanggaran ASN dan juga kepala daerah.

“Dari 485 pelanggaran pidana pemilu, sebanyak 43 kasus sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap atau inkrah,” ucapnya. “Salah satunya kasus politik uang oleh calon anggota legislatif (caleg) DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) yakni artis Mandala Shoji alias Mandala Abadi.

Untuk pidana pemilu itu tidak hanya kami saja dari Bawaslu yang terlibat, tapi juga ada dari unsur kejaksaannya,” tambahnya. Karena itu, Bawaslu mendorong masyarakat turut mengawasi dan berperan aktif selama masa kampanye pemilu 2019 ini.

Terlebih personel Bawaslu sendiri jumlahnya sangat terbatas. “Di Jawa Barat, baru tiga lembaga pemilu independen yang berpartisipasi membantu Bawaslu dalam melakukan pemantauan pemilu 2019. Padahal jumlah calon pemilihnya lebih dari 33 juta orang. Minimnya tenaga pengawas membuka ruang terjadi pelanggaran aturan oleh kontestan,” pungkasnya

Sumber : Metropolitan

Check Also

Warga Harkat Jaya Satu Komando Untuk Aan

SUKAJAYA – Satu Komando, mungkin dua kata itu mewakili masyarakat Harkat Jaya yang pada malam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *