globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Perdalam Ilmu, Ponpes Alfiqoriyah Belajar Jurnalis

BOJONGGEDE – Dewasa ini, kaum milenial atau generasi muda semakin mudah mendapatkan informasi di media sosial (medsos).

Tak ayal, perlu ada pemahaman agar bisa menyaring informasi dan menangkal hoaks atau berita bohong.

Karang Taruna Kecamatan Bojonggede pun menggandeng Pondok Pesantren Alfiqoriyah mengadakan ‘Seminar Jurnalistik Santri’ di aula Ponpes, Waringinjaya, Kecamatan Bojonggede, kemarin Seminar yang menghadirkan redaktur Harian Metropolitan Bogor, Eka Rudi Wibowo itu diikuti puluhan santri dan pemuda setempat dengan penuh antusias.

Pengasuh Pesantren Alfiqoriyah KH Misbah Zulfiqor mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini penting diberikan kepada para santri.

Sebab, selain bisa mengaji, para santri dan pemuda juga harus memiliki bekal pengalaman atau keterampilan.

“Yang kelak bisa dimanfaatkan ketika mereka terjun di masyarakat,” katanya kepada awak media, kemarin.

Sementara itu, pemateri seminar Eka Rudi Wibowo menuturkan, para santri diberi pembelajaran dasar jurnalistik. Mulai dari membuat berita secara sederhana, mengetahui nilai dalam sebuah berita, mempelajari proses wawancarai dan lain sebagainya.

Tak lupa, lelaki nyentrik itu mengingatkan agar para santri mengedepankan prinsip tabayun, atau klarifikasi terlebih dahulu saat menerima informasi.

“Yang pertama tabayun. Kedua tabayun, lalu ketiga tabayun. Kita diajarkan dalam Islam untuk tabayun, tabayun, tabayun,” ujar pria yang akrab disapa Doyok itu.

Di tempat yang sama, salah satu pengurus pondok, Ustad Kholilullah menerangkan, selain mendapat ilmu jurnalistik, pemuda dan para santri juga mendapatkan motivasi dan tips untuk menjadi seorang penulis.

”Kita harapkan setelah kegiatan ini, dapat dibentuk komunitas santri yang gemar menulis, agar potensi mereka semakin tergali dan terasah,” tuntasnya.

Wartawan : Die

Check Also

Ada Kesalahan, Model C1 Pleno DPR RI di TPS Desa Citapen DKI Jakarta

CIAWI – Format C1 di salah satu Desa di Kecamatan Ciawi yaitu Desa Citapen terbalik, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *