globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Wisata GSE, Sayaga Minta Kerja Sama Semua Pihak Untuk Mengelola

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor di bawah komando Bupati, Ade Yasin, gencar mewujudkan Kota Olahraga dan Pariwisata atau The City of Sport and Tourism. Apalagi, Bumi Tegar Beriman punya banyak lokasi wisata yang berpotensi mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun belum dikelola maksimal oleh pemkab. Salah satunya kawasan Gunung Salak Endah (GSE).

PT Sayaga Wisata kini gencar melakukan beragam upaya untuk pengelolaan wisata GSE, dengan upaya kerja sama dengan koperasi untuk jasa wisata dan menjajaki kerja sama dengan investor terkait sarana wisata wilayah barat Kabupaten Bogor itu. ”Dari sekian banyak titik, ada belasan curug yang poten­sial dan menarik perhatian pengunjung. Tapi perlu pena­taan. Salah satunya yang paling populer itu Curug Cigamea,” terang Direktur Operasional (Dirops) PT Sayaga Wisata, Ivan Fadilla, belum lama ini.

Sejauh ini, sambung Ivan, dua hal utama itu tengah di­jalani manajemen perusa­haan pelat merah tersebut untuk pengelolaan GSE. Un­tuk koperasi jasa wisatanya, pihaknya sedang finalisasi Memorandum of Understan­ding (MoU) dengan pihak koperasi. Sedangkan untuk sarana wisata masih dijajaki kerja sama dengan investor yang tertarik mengelola objek wisata.

Ivan menjelaskan, upaya ter­sebut dilakukan agar sesuai aturan yang ada. Mengacu izin wisata di wilayah tersebut, ada beberapa kategori yang salah satunya jasa wisata. Termasuk di dalamnya jasa entrepreneur atau guide, jasa makanan dan minuman atau jasa perparkiran. ”Lalu ada izin sarana wisata, seperti vila, hotel, camping area, area bermain dan fasilitas penunjang lainnya. Tapi kami belum sampai pada jumlah investor yang sudah mengu­tarakan niatnya untuk kerja sama dalam mengelola GSE,” ungkapnya.

Selain itu, sambung dia, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor juga masih fokus pada progres pembangunan Hotel Sayaga dan pengelolaan Air Panas Ciseeng. Sehingga banyak potensi wi­sata daerah yang lebih tertata, menarik minat pengunjung dan mendatangkan PAD sesuai jargon The City of Sport and Tourism.

Sumber : Metro

Check Also

Akibat Truk Tambang, Warga Bogor Barat Meradang

LEUWISADENG – Belum adanya peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional angkutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *