globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Beralasan Sakit Saat Dipanggil Lembaga Anti Rasuah

CIBINONG – Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memanggil mantan Bupati Bogor RY siang tadi (5/7/2019), untuk diperiksa terkait kasus dugaan pemotongan anggaran dan gratifikasi tanah Jonggol.

Akan tetapi, orang yang pernah menjadi nomor satu di Kabupaten Bogor itu tidak memenuhi panggilan KPK pada ‘Jumat Keramat’ tadi.

Informasi yang didapat Publikbogor, Selain RY, KPK juga ternyata memanggil empat orang sebagai saksi kasus tersebut. Empat orang saksi itu ialah eks Kepala Badan Perizinan Terpadu Udin Syamsudin, Kepala Seksi Penagihan PBB Dispenda Rahmat Mulyana, PNS Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor Sri Hartati, dan Kepala Bappeda Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah Dwikorawati. Mereka diperiksa untuk tersangka RY.

Sebelumnya,  RY ditetapkan sebagai tersangka lagi oleh Lembaga Anti Rasuah. Padahal, Rachmat baru bulan Mei lalu mendapatkan cuti menjelang bebas (CMB) dari masa pemidanaannya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung.

“Dalam proses penyidikan ini KPK menetapkan RY (Rachmat Yasin), Bupati Bogor periode 2008-2014 sebagai tersangka,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2019) lalu.

RY diduga memotong pembayaran dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebesar Rp 8,9 miliar. Uang itu diduga digunakan untuk biaya operasionalnya serta untuk kebutuhan kampanyenya pada 2013 dan 2014.

Kasus ini merupakan perkara baru yang menjerat Rachmat. Rachmat sebelumnya keluar dari Lapas Sukamiskin pada Rabu, 8 Mei 2019. Saat itu Rachmat langsung bersujud syukur setelah melewati gerbang lapas khusus koruptor itu.

“Ini hadiah dan apresiasi. Saya dianggap berperilaku sewajarnya sehingga mendapat CMB,” kata Rachmat yang saat itu disambut keluarga, termasuk istrinya, Ely Halimah.

Dalam kasus sebelumnya Rachmat terjerat kasus pemberian izin alih fungsi lahan hutan untuk perumahan elite yang dikelola PT Bukit Jonggol Asri. Rachmat mendapat kompensasi Rp 5 miliar. Pengadilan Tinggi (PT) Bandung menyebut alih fungsi hutan di kawasan Bogor ini pula yang memicu banjir di Jakarta. Akibat perbuatannya, Rachmat divonis 5,5 tahun penjara.

Wartawan : Die

Check Also

Dua Buaya Masuk Ke Pemukiman Warga Loji

BOGOR – Warga di pemukiman RT 01/01, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor digegerkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *