globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Budidaya Ikan Hias Berbasis Komunitas

CISEENG – Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang sangat besar, diantaranya dalam bidang perikanan. Potensi ini merupakan salah satu potensi yang dapat diberdayakan untuk membantu meningkatkan perekonomian para warganya.

Salah satu bentuk pemberdayaan, yang dapat dilakukan di Kabupaten Bogor, yaitu Budidaya Ikan Hias. Hal inilah yang dilakukan YBM PLN bersama LAZNAS Yakesma dengan melakukan program pemberdayaan ekonomi melalui budidaya ikan hias berbasis komunitas. Lokasi yang dipilih menjadi tempat program tersebut yaitu kawasan minapolitan di Desa Parigi Mekar, Desa Babakan dan Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor.

“Program ini akan dilaksanakan dengan membentuk Kelompok Usaha Cahaya Mandiri (KUCM). Kelompok inilah yang akan menaungi para warga yang menjadi penerima manfaat program,” ungkap Yusrizal Ibrani Pengurus YBM PLN Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan kepada wartawan, Sabtu (24/8/2019).

Dia menjelaskan, untuk menjalankan program tersebut, YBM PLN akan menyalurkan dana sebesar 200 juta rupiah sebagai pembuka program. YBM PLN juga mengadakan acara launching Program Budidaya Ikan Hias Berbasis Komunitas. Dijelaskan olehnya, acara launching diadakan dengan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari bersepeda santai, pembagian 50 paket sembako untuk dhuafa dan 19 paket belajar untuk TPQ.

“Acara juga dimeriahkan penampilan kesenian dan pelepasan bibit ikan hias, termasuk penyaluran dana usaha untuk 10 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 10 orang,” Jelas Yusrizal. Pantauan awak media ini, turut hadir dalam acara ini Plh Wakil Ketua YBM PLN Agus Saifullah Nur, Ketua II YBM PLN Martono, Deputi Direktur YBM PLN Salman Al-farisi, dan jajaran Direksi LAZNAS Yakesma.

Sementara itu, Achuar Saefudin dari Laznas Yakesma mengatakan, acara launching ini merupakan awal dari berjalannya program pemberdayaan masyarakat yang nantinya akan diadakan pembinaan dan pendampingan selama 1 tahun agar dapat mempertahankan produktivitas dari peternak ikan hias.

Dikatakan Achyar, untuk membentuk ekosistem yang baik dan komprehensif, selain dilaksanakannya program budidaya ikan, juga akan dilakukan banyak agenda positif lainnya seperti pembangunan gedung serbaguna yang berfungsi untuk tempat pengajian ibu-ibu dan TPQ.

“Selain pemberdayaan ekonomi, program budidaya ikan hias berbasis komunitas ini juga bertujuan membangun karakter masyarakat yang lebih baik dan menciptakan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.

Kontributor : FHR/Die

Check Also

Akibat Truk Tambang, Warga Bogor Barat Meradang

LEUWISADENG – Belum adanya peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional angkutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *