globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Pelajar MAN 2 Bogor Kunjungi Masyarakat Adat Baduy

BADUY – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bogor melaksanakan saba budaya ke masyarakat adat Baduy, di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Minggu (25/08/2019) lalu, itu diikuti oleh 80 siswa dan 1 guru bahasa sunda yang juga merupakan pembimbing pada kunjungan kali ini.

Seluruh siswa yang ikut kegiatan ini berasal dari kelas 12 MAN 2 Bogor dari Program IPA, IPS dan Agama.

Menurut Kepala MAN 2 Bogor Nani Ruhyani, selain dimaksudkan sebagai penelitian ilmiah, juga dimaksudkan sebagai wisata budaya. Dari kunjungan ini ia berharap siswa dapat mengenali dan memahami budaya Suku Baduy yang merupakan aset wisata Indonesia.

“Kegiatan ini adalah agenda dari mata pelajaran bahasa sunda, yang sangat mendapat respon baik dari para siswa kerena tidak sering mereka melakukan pembelajaran diluar kelas,” kata Nani.

Dirinya berharap, setelah kegiatan ini siswa mampu mengeksplorasi pembelajaran tentang tata budaya sunda sebagai salah satu pelajaran di MAN 2 Bogor.

Sesampainya ditempat tujuan, siswa/siswi melakukan penelitian melalui interaksi langsung dengan warga masyarakat Baduy yang memang itu termasuk tugas yang diberikan oleh guru bahasa sunda. Aspek yang mereka teliti adalah keagamaan, kebahasaan dan aspek sosial masyarakat Baduy.

Guru bahasa sunda sekaligus guru pembimbing pada kegiatan ini, M. Kusaeri mengaku senang, dengan respon para siswa yang sangat antusias dalam kegiatan saba budaya itu.

“Dengan diadakannya kegiatan ini saya berharap semoga siswa MAN 2 Bogor dapat lebih mencintai kekayaan Indonesia dengan melihat kebudayaan adat baduy dan dapat mengambil pelajaran dari kesederhanaan yang mereka lakukan sehari hari” kata Kusaeri. (*Andi*).

Check Also

Akibat Truk Tambang, Warga Bogor Barat Meradang

LEUWISADENG – Belum adanya peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional angkutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *