globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Pilkades Ciseeng Diminati Puluhan Balon

CISEENG – Suasana pesta demokrasi di tingkat desa sudah mulai hangat, dengan dibukanya pendaftaran bakal calon kepala desa (Balon Kades), untuk mengikuti gelaran pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bogor pada 3 November 2019 mendatang.

Hangatnya situasi politik dan tingginya perhatian masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkades, juga terlihat dari banyaknya jumlah Balon Kades yang mengambil formulir pendaftaran.

“Saat ini di Desa Ciseeng sudah ada 10 orang yang telah mengambil formulir pendaftaran. 8 orang laki – laki dan 2 orang perempuan,” ungkap Mulyadi A. Joron Ketua Panitia Pilkades Ciseeng, saat ditemui wartawan di sekretariat panitia Pilkades Ciseeng, Senin (19/8/2019).

Dia menjelaskan, proses penjaringan dan pendaftaran Balon Kades berlangsung sejak tanggal 16 Agustus hingga 24 Agustus. Dijelaskan olehnya, semua berkas yang masuk nantinya akan diverifikasi.

“Nantinya jika balon kades melebihi 5 orang maka akan dilakukan seleksi, dengan cara diadakan tes tambahan yang akan dilaksanakan panitia Pilkades Desa dan Panitia Pilkades Kecamatan,” ungkapnya.

Joron menuturkan, tes lanjutan tersebut berupa tes administrasi dan tes tertulis, diantaranya terkait pengalaman organisasi, pengalaman pemerintahan dan tes wawasan kewarganegaraan dan lainnya.

“Jadi dari tes administrasi dan tes tertulis inilah, nantinya akan ada skor penilaian siapa yang akan lolos menjadi 5 calon Kades,” ujarnya.

Seperti diketahui, persyaratan pokok bagi calon Kades adalah jenjang pendidikan minimal SMP sederajat, membuat cek kesehatan dari RSUD, membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari Polres Bogor, dan membuat surat keterangan dari Pengadilan Negeri Cibinong, yang berisi tidak pernah dipidana penjara dan tidak sedang dicabut hak pilihnya.

“Untuk keabsahan ijasah calon Kades harus menyerahkan foto copy ijasah yang telah dilegalisir oleh pihak sekolah dalam waktu 1 tahun terakhir yang nanti akan dicocokkan dengan ijasah aslinya,” ungkap Mulyadi Joron.

Dia juga menjelaskan, semua balon kades tidak dikenakan biaya alias gratis. Sedangkan jumlah hak pilih diperkirakan sekitar 6000 orang.

“Lalu lokasi TPS Pilkades akan digunakan sistem zonasi sesuai Permendagri nomor 65 tahun 2017 dan Perbup Bogor nomor 37 tahun 2019.” Jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Kades Ciseeng Hambali mengatakan, pihak Pemdes hanya menjadi fasilitator kegiatan Pilkades. Terkait banyaknya balon kades, Hambali mengaku bersyukur karena banyak orang yang mau jadi pemimpin desa.

“Artinya budaya demokrasi di Desa Ciseeng sudah baik.” pungkasnya.

Kontributor : FHR/Die

Check Also

Akibat Truk Tambang, Warga Bogor Barat Meradang

LEUWISADENG – Belum adanya peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional angkutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *