globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Mengenal Ilmu Bela Diri Kateda

LEUWISADENG – Seluruh murid di Pondok Pesantren Ash Habul Aziziyyah, yang terletak di Kampung Kosol, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisaeng, Kabupaten Bogor, diwajibkan untuk mengikuti Ilmu bela diri kekuatan tenaga dalam (Kateda).

Tidak hanya menerapkan rutin pengajian saja, di Ponpes milik Komedian Ajis Gagap tersebut menerapkan ilmu bela diri untuk menjaga diri masing-masing.

Ilmu bela diri Kateda ini berbeda dengan yang lainnya. Biasanya, jurus-jurusya lebih mengedepankan tenaga dalam.

Salah satu Master Kateda di Ponpes Ash Habul Aziziyyah, Asep mengungkapkan, Ilmu bela diri kateda sudah banyak memiliki ranting-ranting yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah Kabupaten Bogor khususnya di Bogor Barat. Dan sudah banyak pula murid-murid yang menggeluti Kateda tersebut.

“Jika telah ahli di bidang Kateda bisa juga langsung mendapatkan gelar master, akan tetapi di kateda, mereka hanya memiliki satu orang ketua /pemimpin, yang biasa mereka sebut dengan GB ( Guru Besar),” kata Asep kepada murid SMK Panca Bakti yang ditugaskan Publikbogor, (7/9/2019).

Lanjut Asep, dari Ilmu Bela Diri ini banyak sekali manfaat yang di dapat salah satunya, dapat menyehatkan badan, menghilangkan masuk angina dan lain-lain.

“Anak Kateda kalo masuk angin ga perlu di kerok, tinggal tarik nafas dan tenaga dalam Insya Allah anginnya ilang.” Jelasnya.

Di Pondok pesantren Ash Habul Aziziyyah, semua santrinya mengikuti ekstrakulikuler tersebut. Banyak pula dari mereka yang sudah memiliki sabuk, mulai dari sabuk berwarna putih sampai sabuk berwarna biru. Sang pelatih pun selalu memberi masukan kepada setiap muridnya untuk tetap menanamkan sifat tawadu dan jangan sombong. (Riski/ Andi)

Check Also

Akibat Truk Tambang, Warga Bogor Barat Meradang

LEUWISADENG – Belum adanya peraturan yang diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor, terkait jam operasional angkutan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *