globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

UNPAK Bahas Financial Teknologi

BOGOR – Bekerja sama dengan Fintek Media Sebagai platform literasi financial tekhnologi sebagai sarana keuangan teknologi bagi mahasiwa, Universitas Pakuan (Unpak) Bogor menggelar kegiatan talk show Fintek Tok #9 dengan tema “Peranan Fintech di Dunia Pendidikan dan Wirausaha”.

Dari keterangan pers yang diterima Publikbogor, Ketua Pelaksana Lufty Hari Susanto mengatakan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 500 peserta dari semua fakultas yang ada di Unpak. Dia mengatakan, kegiatan tersebut di gagas karena melihat kebutuhan sehari-hari para mahasiswa yang tidak bisa lepas lagi dari kecepatan perkembanga tekhnologi.

“Manusia modern akan selalu menjadi manusia yang bergantung dengan teknologi. Namun manusia yang bersikaf kreatif dan produktif, akan menjadikan teknologi sebagai alat untuk memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang sukses seutuhnya,” ujarnya (19/9/2019).

Sementara itu, Rektor Universitas Pakuan Prof Dr Bibin Rubini menjelaskan, perkembangan tekhnologi saat ini telah melahirkam platform-platform yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, salah satunya simpan pinjam yang saat ini sedang hangat di perbincangkan di masyarakat. Adanya Platform transaksi berbasis teknologi tersebut, lanjutnya, bertujuan untuk memudahkan segala transaksi kebutuhan masyarakat.

“Namun di sisi lain ada ribuan oknum fintek yang memanfaatkan flatform ini untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya dengan cara yang ilegal. Padahal saat ini lembaga fintech yang sudah terdaftar di OJK atau legal, berjumlah 127 platform,” jelasnya.

Dari permasalahan ini, sambung Bibin Rubini, acara financial tekhnologi yang diadakan Universitas Pakuan diharapkan mampu mengedukasi mahasiswa agar tidak terjerat kejahatan Ciber Crime dengan cara bertransaksi data. Dirinya menghimbau mahasiswa Unpak agar tidak mudah tertipu oleh platform yang memberikan iming – iming transaksi yang mudah dan bunga ringan. “Karena hal tersebut akan membahayakan mahasiswa itu sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Rektor Unpak juga menghimbau agar mahasiswa berlaku selektif serta melakukan cek dan ricek terhadap platform fintec yang legal.

“Semua itu bisa dilihat dari portal OJK dan terdaftar Asosiasi Fintich Pembiayaan Indonesia (AFPI) sebagai asosiasi fintech yang sudah menerima SK No. S-5 /D,05/2019 dari OJK secara resmi.” himbaunya.

Dalam kegiatan talk show tentang fintek tersebut hadir beberapa orang narasumber yaitu Mariam F Barata dari Kominfo, Enjik S Djafar dari AFPI, dari perwakilan fintek I Made Wisnu Saputra dar Caswagon, Anis Radiani dari Fineos, Jalaludin Mifta dari Narada serta Dosen Fakultas Hukum Dr (c) Agus Satory S.H M.H. (FHR/Andi).

Check Also

Masyarakat Tanjungsari dan Cianjur Apresiasi Program TMMD ke 106

TANJUNGSARI – Dibukanya infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, menuju Kampung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *