Ini Harapan Aan Dihari Santri Nasional

  • Whatsapp

CIBINONG – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Aan Triana Al Muharom mengatakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 yang jatuh pada hari Selasa (22/10/2019) ini mengingatkan pentingnya peran santri dari zaman ke zaman.

“Sejak zaman penjajahan hingga sekarang pada era digitalisasi santri ikut andil dalam mengelaborasi, mempertemukan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan atau sains,” ujar Aan saat ditemui di ruangan kerjanya.

Read More

Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bogor itu mengungkapkan, pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai HSN untuk mengingat, menghargai, mengapresiasi peran historis para santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lebih lanjut, Aan mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional kali ini berdekatan waktunya dengan pengumuman Kabinet kerja Jilid II serta beberapa hari setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Maka dari itu dia berharap ada santri yang jadi menteri karena Wapres, Ma’ruf Amin merupakan seorang kiai.

“Saya berdoa semoga para menterinya banyak dari kalangan santri. Santri mampu dan teruji menjadi perekat pemersatu bangsa, mampu mencari titik temu diawal awal berdiri bangsa ini peran para santri sangat dominan,” jelasnya.

Pria yang pernah nyantri di ponpes Daarul Rahman asuhan KH. Syukron Makmun ini mengatakan, di era globalisasi dan dunia yang semakin terbuka tanpa jarak, ruang dan waktu seperti saat ini pendidikan dan budaya kehidupan santri perlu diperhatikan dan dipertahankan mengingat kebutuhan manusia tidak hanya mengolah iq intelektual semata.

“Akan tetapi mengolah spritual intelejensi dalam hal ini santri sangat dibutuhkan untuk menyongsong masa depan yang semakin tidak menentu, ancaman aqidah, ideologi dan pemikiran-pemikiran keras bisa terminimalisir ketika kita memberi pendidikan yang moderat di dunia pendidikan berbasis santri,” jelasnya. (Andi).

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *