Panitia Pilkades Ciomas Diduga Tak Netral

  • Whatsapp
Panitia Pilkades Ciomas, Kecamatan Ciomas saat melakukan sesi foto bersama

CIOMAS – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciomas, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, diduga berpihak kepada salah satu calon kepala desa (Cakades). Hal itu seperti disampaikan, salah seorang warga desa setempat, Jarkasih.

“Saya mencurigai, adanya dugaan ketidak netralan panitia pilkades Ciomas dan BPD yang hanya berpihak kepada satu cakades,” kata Jarkasih kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Read More

Ia mencontohkan, hal itu berupa pemakaian bendera merah putih yang berkibar, namun terlihat hanya di salah satu calon tapi lainnya tidak. Serta, mulai dari pendaftaran dan banyaknya ketimpangan dimana salah satu calon mengganti foto sedangkan calon lainnya terlihat tidak diberitahukan kaitan itu.

“Adapun, surat edaran Bupati Bogor bernomor 141 tertanggal 6 september yang baru dikeluarkan panitia setelah beberapa minggu kemudian, dan itu harus di desak dulu baru mereka keluarkan yang berisikan himbauan Bupati tentang kenetralan panitia pilkades anggota BPD, perangkat desa dan unsur kelembagaan lainnya diperhelatan pilkades serentak tahun ini,” tegasnya.

Sementara itu, wakil ketua panitia pilkades Ciomas, Agus menjelaskan, menanggapi berita adanya keberpihakan perangkat desa, dan lembaga masyarakat desa dengan ini menyampaikan bahwa pihaknya sudah memenuhi ketentuan yang berlaku dengan menjaga netralitas baik perangkat desa, panitia pilkades, maupun Linmas.

“Maaf baru menanggapi, karena memang saya beserta panitia baru menyelesaikan rapat yang membahas tahapan pelaksanaan pilkades. Saya tidak ingin memberikan klarifikasi sebelum bahan yang saya sajikan belum lengkap, saya harus beritahu anggota pilkades lainnya termasuk ketua dan BPD Pjs Kades Ciomas,” tukasnya. (Andi).

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *