Pentingnya Menjaga Kesehatan, Yonkes 1 Kostrad Bersihkan Gigi Siswa SDN Kaumpandak 2

  • Whatsapp
Salah satu siswi SDN Kaumpandak 02, yang diperiksa giginya oleh drg Andrew Sipayung dari Lettu Yonkes 1 Kostrad

CIBINONG – Menggosok gigi dua kali dalam sehari bukan hanya soal kesehatan gigi dan mulut saja, namun hal ini berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Hal ini karena di dalam mulut terdapat banyak bakteri jinak, sehingga ketika menjaga kesehatan mulut dan gigi, maka tubuh akan mencegah serta dapat mengendalikan bakteri tersebut.

Read More

Hal itupun diungkapkan oleh Letna Satu (Lettu) Ckm Yonkes 1 Kostrad drg Andrew Sipayung, saat melakukan Bhakti sosial dalam menjaga kesehatan Gigi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kaumpandak 2, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Mereka supaya terbiasa dalam menjaga kesehatan Gigi sejak dini, dan supaya berkegantungan dengan dokter Gigi,” katanya kepada wartawan dilokasi pemeriksaan, Selasa (22/10/2019).

drg Andrew sapaan akrabnya mengatakan, mereka (Siswa siswi.red) juga supaya memahami kegunaan gigi dan bisa menjauhi makanan yang memang berpotensi merusak, ia juga menjelaskan rata-rata diusia tujuh dan delapan tahun itu sangat rentan pergantian gigi susu kepada gigi permanen.

“Dari siswa kelas satu dan dua rata-rata gigi mereka banyak yang goyang, untuk kelas enam ada yang goyang juga tapi kebanyakan kita menemukan karang gigi,” imbuhnya.

Andrew juga menjelaskan, kenapa yang hanya diperiksa dari kelas satu dua dan enam saja, karena menurutnya, diusia itulah dari gigi susu ke permanen sering ditemukan. Ia juga menyarankan, agar Siswa-siswi itu bisa menerapkan pola kesehatan dua kali sehari sikat gigi.

“Yang baiknya itu adalah sikat gigi pada bangun tidur dan sesudah makan serta sebelum tidur,” sarannya.

Ia menambahkan, Yonkes 1 Kostrad dalam giat Bhakti sosial ini menerjunkan dua dokter spesialis gigi.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SDN Kaumpandak 02 Kartini sangat berterimakasih, kepada anggota Yonkes 1 Kostrad yang sudah melakukan pengecekan kesehatan gigi bagi muridnya tersebut.

“Saya sangat berterimakasih kepada anggota Yonkes yang sudah memperhatikan kesehatan di SDN 02 Kaumpandak ini,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk keseluruhan siswa di SDN Kaumpandak 02 ini sebanyak 520 siswa, ia berharap untuk siswa-siswi nya kedepanya bisa lebih memperhatikan kesehatan gigi.

“Semoga dengan adanya pemeriksaan dan pencabutan gigi ini bisa menjadi perhatian bagi siswa, bagaimana caranya merawat gigi mereka dengan baik,” harapnya. (Andi).

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *