Warga Paku Gotong Royong Bersihkan Kali Cinanggung

  • Whatsapp

LEUWISADENG – Dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih, tentu itu harus disadari oleh masyarakat sekitar. Seperti yang terjadi di Kampung Paku RW 04, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor.

Mereka mulai akan peduli lingkungan yang sehat dan bersih, dengan melakukan gotong royong membersihkan kali Cinanggung.

Read More

Dengan peralatan seadanya, warga membersihkan tumpukan sampah yang berada di kali tersebut, dengan cara mengangkut sampah, atau pun menimbunya ke dalam tanah.

Tidak hanya itu, untuk melaksanakan kegiatan kerja tersebut, masyarakat di himbaw untuk tidak membuang sampah ke kawasan kali Cinanggung agar tidak terjadi lagi penumpukan sampah.

Ketua Pemuda Kampung Paku Hikmat Gunawan berharap juga aksi bersih-bersih kali tersebut, dapat menimbulkan rasa kecintaan masyarakat untuk ikut memelihara kebersihan kali.

“Salah satunya dengan tidak membuang sampah ke kali,” jelasnya kepada Publik Bogor, Kamis (17/10/2019).

Lebih lanjut dikatakan Hikmat Gunawan, bahwa masalah sampah yang ada di kali merupakan problematika, yang kerap terjadi hampir disetiap kali yang ada di Leuwisadeng.

“Ini juga sebagai upaya pencegahan terhadap banjir yang diakibatkan tidak mengalirnya air di kali, akibat tumpukan sampah, masyarakat juga telah melakukan pengerukan terhadap sejumlah kali yang mengalami pendangkalan,” tukasnya. (Dani/Andi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *