Bogor Jadi Salah Satu Medan Berita Hoaks Paling Banyak

  • Whatsapp

BOGOR – Berita bohong atau hoaks tentu saat ini sangat menjadi perhatian serius bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Bogor Raya.

Menurut Dosen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI, Rahmi, sebanyak 53% masyarakat Indonesia menggunakan Internet.

Read More

Data tahun 2019 ini kebanyakan orang yang berusia 24-34, yang paling banyak menggunakan Internet.

Artinya, kabar atau berita bohong (Hoaks) juga sangat banyak di tahun 2019 apalagi pada pemilihan legislatif dan Presiden itu sangat mendominasi.

“Maka sangat penting dengan adanya pelatihan Literasi Digital ini, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengetahui apa itu berita bohong,” katanya dalam sambutan diacara Pelatihan Literasi Digital yang dilaksanakan Mafindo di Hotel Savero Bogor, Kamis (7/11/2019).

Apalagi, dari data Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di wilayah Bogor ini salah satunya Medan berita Hoaks paling banyak.

“Diharapkan semua yang ikut disini bisa memberikan dan mensosialisasikan hasil dari pelatihan literasi digital ini,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Fact Checker Mafindo, Dedy Helsyanto. Semua yang menghadiri acara ini bisa berkolaborasi memerangi Hoaks.

“Mari kita perangi Hoaks di Indonesia,” pintanya.

Mafindo juga akan berencana menggelar acara kembali di kawasan Jakarta dengan tema ‘Milenial menjadi pahlawan di media sosial’ dan Akan juga menghadirkan beberapa komisariat dari beberapa kampus.

“Silahkan yang mau hadir juga bisa hubungi panitia,” imbuhnya.

Dalam acara itupun turut dihadiri oleh mahasiswa dari beberapa kampus diantaranya BSI, UI, UNAS, UP, Unpak, serta guru-guru sekolah dan pihak dari komunitas lain. (Andi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *