36 Ular Kobra Ditemukan di Bojonggede

  • Whatsapp
Ular kobra yang berhasil ditangkap petugas Damkar Kabupaten Bogor. Foto : Ist

PUBLIKBOGOR | CIBINONG – Dalam satu bulan ini, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor bersama warga berhasil mengamankan 36 ekor ular kobra, diwilayah Kecamatan Bojonggede.

Menanggapi hal itu, Camat Bojonggede, Dace Hatomi, dirinya terus melakukan pasilitas untuk membantu warga melakukan pencarian ular kobra yang meresahkan warganya tersebut.

Read More

“Kami terus melakukan berkomunikasi dengan Damkar Kabupaten Bogor dan Komunikasi Reptil,” katanya kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Ia menjelaskan, dari total 36 ekor ular kobra itu sebanyak 34 berhasil ditemukan di Perumahan Royal Citayam Desa Susukan, sedangkan 2 di Perumahan Citayam Village, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede.

“Baru ada di dua perumahan itu, karena memang menurut saya perumahan itu kumuh, gak kayak perumahan yang lain,” jelasnya.

Mengenai efektif atau tidak, melakukan Fogging itu hanya untuk melakukan pengasapan untuk bakteri saja. Dan hal itu menurutnya tidak akan mematikan ular kobra.

“Buktinya kan ular kobra berhasil diamankan dua ekor, pas kita lakukan Fogging,” imbuhnya.

Memang, dua perusahaan yang saat ini diteror oleh ular kobra tersebut dahulunya adalah kebun bambu dan sawah, dan hal itu sangat diajarkan atas kondisi habitatnya digerus oleh aktivitas manusia.

“Memang dulunya itu kebun bambu dan sawah, habitat mereka pun terganggu pastinya,” jelasnya lagi.

Dace sapaan akrabnya menghimbau untuk masyarakat diwilayah Kecamatan Bojonggede, agar menjaga kebersihan di lingkungan perumahan tempat tinggalnya mereka (warga).

“Kita harus hidup bersih dan sehat, saya lihat ternak ular itu kan pakai genteng dan itu juga di perumahan banyak genteng yang berserakan, mungkin saja kan bisa berhabitat di situ, itu juga kan sarang ular, lokasinya di situ itu kumuh liat saja deh,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, Pemerintah Kecamatan Bojonggede juga harus aktif melakukan himbauan kepada masyarakat, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan warga sekitar.

“Saya minta camat aktif menghimbau kebersihan kepada masyarakat,” singkatnya. (Andi).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *