Apple Akan Mengembangkan Mesin Pencari Sendiri Seperti Google

by -17 views

Publikbogor.com – Google selama ini menguasai mesin pencari internet. Sebagian besar sistem operasi saat ini menggunakan Google sebagai penyetelan tetap (default) mesin pencari utama.

Dilaporkan Financial Times, Kamis (29/10/2020), Apple diam-diam mengembangkan mesin pencari sendiri. Dalam sistem operasi iPhone iOS 14, Apple mulai menunjukkan hasil pencarian mereka yang terkoneksi secara langsung dengan situs saat pengguna mengetik kata pada tampilan utama.

“Mereka (Apple) memiliki tim yang kredit yang saya pikir punya pengalaman sekaligus kedalaman, yang jika mereka mau, membuat mesin pencari yang lebih umum,” kata Bill Coughran, Eks Kepala Insinyur Google yang saat ini bekerja sebagai mitra Sequoia Capital.

Keseriusan Apple membangun mesin pencari sendiri terlacak sekitar dua setengah tahun lalu. Saat itu Apple membajak Kepala Pencarian Google, John Giannandrea yang mengurusi mesin pencari terpopuler di dunia itu selama 8 tahun. Saat itu, Apple beralasan ingin memperkuat kemampuan artificial intelligence dan asisten virutal Siri.

Tak hanya itu, Apple dalam beberapa tahun terakhir juga berkali-kali mengiklankan lowongan kerja untuk search engineers dengan deskripsi pekerjaan untuk “menentukan dan menerapkan arsitektur teknologi pencarian pada Apple”.

Sumber : iNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *