, ,

Hari Santri Nasional, Bima Arya Ganti Nama Jalan Jadi KH. TB M Falak

by -20 views
Wali Kota Bogor, Bima Arya saat mengganti jalan menjadi Jalan KH. TB M Falak. (Ist)

Publikbogor.com – Hari santri nasional, Wali Kota Bogor Arya Sugiarto dengan resmi mengganti nama Jalan Darul Qur’an kini menjadi Jalan KH. TB M Falak, Kamis (22/10).

Jalan yang menghubungkan antara Cilendek dan Gunung Batu ini sengaja diresmikan bertepatan dengan Hari Santri Nasional di Jl.TB.M Falak.

KH. Tb. Agus Faturohman Falak, Salah satu turunan KH. TB Muhammad Falak Abbas, menceritakan sejarah singkat KH.TB Muhammad Falak Abbas yang akrab dipanggil Mama Falak.

Ia mendirikan Pondok Pesantren di Bogor pada tahun 1878 yang dinamai Pondok Pesantren Al-Falak di Pagentongan Kota Bogor.

Mama Falak terkenal oleh masyarakat luas sebagai ulama kharismatik karena keilmuannya. 142 tahun perjuangan mengajar santri di Kota Bogor yang hingga saat ini diteruskan oleh keturunannya.

“Selama 142 Tahun mengabdi di Bogor untuk mengajar santri-santri dan masyarakat sekitar Bogor,” katanya.

Dari keilmuannya, sejak umur 15 Tahun ia belajar di Mekah dan Madinah hingga dan ia direkrut oleh Sarikat Islam sebagai Seksi Kerohanian tak lama dari kepulangannya ke Indonesia.

Kedekatannya dengan presiden pertama, Ir. Soekarno, bermula saat pasca proklamasi untuk membantu Ir. Soekarno menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi negara yang tidak mampu diselesaikan secara logika.

“Beliau pun sangat dekat dengan bung Karno, pasca proklamasi beliau sering dipanggil untuk menyelesaikan perkara yang tidak dapat diselesaikan secara logika,” tukasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *