Yamaha MT-09 Dirilis Dengan Tampilan Baru Yang Lebih Necis

by -16 views

Publikbogor.com – Setelah sempat merilis teaser penggoda, Yamaha Eropa resmi merilis Yamaha MT-09 model 2021. Ada beberapa ubahan yang terjadi ketimbang model lawasnya.

 

Ubahan di eskterior dapat dilihat dari bentuk lampu utama. Lampu depan LED proyektor tunggal dengan DRL, sedangkan lampu belakang LED sekarang membentuk bentuk ‘Y’ berbeda dari yang dulu.

 

MT-09 2021 kini memakai suspensi upside down diameter 41 mm dan suspensi belakang monoshok yang dapat disesuaikan. Peleknya juga lebih ringan 0,7 kg dari model sebelumnya. Tinggi jok sedikit meningkat dari 5 mm menjadi 825 mm.

 

Peningkatan lain yaitu sektor sasis. Rangka MT-09 baru ini memakai aluminium. Bobotnya 2,3 kg lebih ringan. Rangka juga disebut lebih kaku sehingga meningkatkan stabilitas saat dikendarai.

 

Jantungnya masih pakai konfigurasi mesin inline-triple Crossplane, tapi kubikasinya diperbesar dari 850cc menjadi 889cc. Tenaga lebih besar mencapai 117,3 tk pada 10.000 rpm dan torsi 93 Nm pada 7.000 rpm.

 

Selain kapasitas mesin, Yamaha turut merevisi desain knalpot. Tak lupa perbaikan injeksi sehingga menghasilkan debit campuran bensin dan udara yang lebih terkontrol yang sekarang sudah Euro 5.

 

Transmisinya masih sama girboks enam percepatan dengan tambahan slipper cluth. Model baru ini juga sudah dibekali Quick shifter naik-turun sebagai opsi standar, peningkatan dari MT-09 sebelumnya.

 

Beberapa ubahan tersebut membuat bobot keseluruhan MT-09 2021 turun sekitar 4 kg dari semula 193 kg menjadi 189 kg. Adapun kapasitas tangki tetap sama yaitu 14 liter untuk perjalanan jauh.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *