Bima Arya Minta Swab Test Ulang Habib Rizieq

  • Bagikan

Publikbogor.com – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mendatangi ruang rawat inap Habib Rizieq Shihab, di ruang President Suit RS Ummi, didampingi Kapolresta Bogor dan Dandim 0606 Kota Bogor, Jumat (27/11/2020) malam. Kedatangan Bima Arya buntut kekecewaan terhadap penolakan Habib Rizieq untuk swab test ulang oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor.

 

Setibanya dilokasi Bima Arya menanyakan kepada keluarga Habib Rizieq Shihab untuk kesediaannya melaksanakan swab test ulang, alasannya tidak ada data soal swab yang dilakukan. “Saya tanya apakah keluarga berkenan untuk dilakukan tes ulang besok,” kata Arya dalam pertemuan kunjungan tersebut.

 

Namun Rizieq Shihab yang diwakili menantunya Habib Munief Alatas menolak permintaan swab test oleh Bima Arya. “Kalau untuk tes ulang keliatannya beliau tidak berkenan dan tidak ada urgensinya,” jawab Habib Munief.

 

Mendengar hal itu Bima Arya kemudian meminta agar keluarga memberikan laporan pemeriksaan yang sebelumnya dilakukan Rizieq Shihab.

 

“Kami ingin tahu tadi itu di swabnya sama siapa saja, dokternya siapa, jam berapa, pemberkasannya bagimana kemudian dikirimkan ke lab mana. Kalau kami bisa dapatkan sesuai prosedur enggak masalah silakan,” ujar Bima.

 

Habib Munief kemudian mengklaim bahwa pemeriksaan Rizieq Shihab sesuai prosedur menggunakan tim dokter yang benar memiliki kapasitas termasuk tempat uji laboratorium terkait swab tersebut. “Saya juga enggak mau, kita enggak pernah memakai lab yang tidak bersertifikat, mereka menyatakan seperti itu dan sesuai prosedur nanti bisa dipertegas lagi ke Mer-C,” terangnya.

 

Merespons hal itu Bima mengatakan bahwa pihaknya belum menerima data pemeriksaan terse but, bahkan dirinya kesulitan untuk mencari siapa dokter yang memeriksa Rizieq Shihab. “Persoalannya sampai sekarang belum dapat itu, saya tanya siapa yang ngambil enggak tahu, labnya dikirim ke mana juga kita enggak tahu,” bebernya.

 

Sebelumnya, petugas Dinkes Kota Bogor yang ditugaskan untuk melakukan swab test pada Habib Rizieq Shihab dan keluarga, namun ditolak dengan alasan sudah menjalani tes swab mandiri. Habib Rizieq mengaku telah menjalani swab test saat pelaksanaan salat Jumat di RS Ummi Kota Bogor.

 

Namun tidak ada yang mengetahui secara pasti terkait pemeriksaan tersebut lantaran tanpa koordinasi dengan Pemerintah Kota Bogor maupun Dinas Kesehatan. Informasi diterima Pemkot Bogor, swab test dilakukan tim MER-C dan sampelnya juga dibawa ke laboratorium MER-C di Jakarta.

(sdo)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *