BMKG Bogor: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang 3 Hari Kedepan

by -13 views

Publikbogor.com – Badan Stasiun Klimatologi (BMKG) Bogor Abdul Mutholib menghimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem dalam 3 hari kedepan, tepatnya hingga Rabu (5/11/2020).

 

Peringatan itu dikeluarkan BMKG setelah Senin 2 November sejumlah pohon bertumbangan di wilayah Kota Bogor hingga mengakibatkan 4 orang mengalami luka.

 

“Prospek cuaca tiga hari ke depan, masih berpotensi terjadinya hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada sore hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung barat,” kata Kepala BMKG Bogor, Abdul Mutholib.

 

Maka dari itu, pihaknya menghimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dll).

 

“Dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” katanya.

 

Ia menyebut, berdasarkan data BPBD Kota Bogor pada Senin (2/22/2020) dilaporkan terjadi angin kencang di Kota Bogor dan sekitarnya yang mengakibatkan dinding roboh, empat pohon tumbang di beberapa lokasi.

 

“Meskipun Curah hujan dengan intensitas ringan tercatat di daerah IPB Baranangsiang 2.6 mm namun kecepatan angin mencapai maksimum 20 knots km/jam teramati di Stasiun Klimatologi Bogor,” ungkapnya.

 

Dia menyebutkan, pada awal November 2020 di wilayah Jawa Barat masih mengalami periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan, dimana perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

 

Sumber : Pojokbogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *