Bumdes Nanggung Kelola Sampah Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

by -14 views

Publikbogor.com – Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Nanggung bergerak dalam pengelolaan sampah Organik dan Non Organik sebagai upaya lingkungan agar tetap bersih juga sehat.

 

Sebagai perwujudan dalam menggali potensi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan bidang sampah rumah tangga yang dapat di daur ulang, dengan lingkungan lebih bersih juga sehat, dan memiliki nilai ekonomis kata Ahmad Sodik dalam wawancaranya, Senin 09/11/2020.

“Dihilir solokan menjadi mampet hingga menyebabkan banjir kotor dan penyakit, ini yang menjadikan program prioritas, dari hal ini harus bisa menangkap bahwa didalamnya ada peluang, karena ini baru satu jenis,” ungkapnya.

 

Selain sampah yan bisa langsung dijual seperti botol plastik, masih ada yang bisa didaur ulang untuk dijadikan pupuk, namun butuh tehnologi tepat guna sebagai alatnya.

 

“Belum organiknya, karena kalau dijual tidak kalah besar, bisa enggak nanti ada satu tehnologi dari pihak terkait, terutama dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, untuk mempasilitasi tehnologinya, keterampilan ini yang akan kita kirim. sementara kita bertahap karena terbatas dengan tehnologi tepat guna kedepannya daur ulang untuk sementara kita mentahnya dulu cuma dalam hal ini kita bisa mempekerjakan orang,” tambahnya.

 

Ahmad Sodik berharap kedepannya akan mengembang daur ulang sampah organik perlu melibatkan para ahli dalam bidangnya, juga saat ini butuh alat transportasi sebagai penunjang.

 

“Ketika kedepannya akan mengembangkan daur ulang dalam organiknya perlu melibatkan para ahli termasuk kesulitan kita ditransportasi ini yang akan kita usulkan ke DLH, harapannya nanti jika ini menjadi gerakan moral masyarakat, sampah sedesa nanggung minimal bisa diikuti sehingga kontribusi nanti untuk ramah lingkungannya,” pungkasnya. (Ipay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *