, ,

Harga Emas Antam Anjlok

by -

Publikbogor.com – Harga emas Antam sepekan ini anjlok parah mengekor harga emas dunia pada perdagangan pekan ini yang anjlok parah 4,40% ke level US$ 1.788,12/troy ons kembali diperdagangkan jatuh di bawah level psikologisnya US$ 1.800/troy ons.

Pada perdagangan hari ini Sabtu (14/11/20) sendiri emas Antam ukuran 1 gram yang lumrah dijadikan kembali ambrol Rp 9.000 setelah terkoreksi parah selama 4 hari dan menutup pekan ini dengan depresiasi 3,58% ke level harga Rp 942.000/gram.

 

Anjloknya harga emas Antam terjadi pada 2 hari pada pekan ini selain pada hari ini, pada hari Selasa (24/11/20) Emas Antam anjlok sebesar 1,63% dalam sehari ke level harga Rp 961.000/gram mengekor harga emas di pasar spot yang runtuh sehari sebelumnya.

 

Keruntuhan harga emas di pasar spot dalam semalam terjadi pada awal pekan yakni pada hari Senin (23/11/20) dimana harga Logam Mulia di arena spot ambruk dari level US$ 1.870,48/troy ons secara tiba-tiba ke level US$ 1.835,85/troy ons atau penurunan 1,85% dalam sehari.

 

Tumbangnya harga emas di pasar spot pekan ini tidak lepas dari sentimen vaksin corona 4 perusahaan sekaligus yang disebut-sebut memiliki efektivitas lebih dari 90%.

 

Maka dari itu pula instrumen investasi yang paling dirugikan adalah emas yang merupakan investasi lindung nilai alias safe haven dimana apabila prospek investasi saham turun maka investor memindahkan asetnya ke emas, begitu pula sebaliknya ketika prospek saham cerah, tak ayal harga Logam Kuning ambruk.

 

Ambruknya emas Antam pada perdagangan hari ini juga tentunya mempengaruhi harga emas Antam ukuran 100 gram pada hari ini yang lumrah dijadikan acuan transaksi secara umum berada di posisi Rp 88,41 juta.

 

Nasib serupa juga dialami oleh harga emas batangan yang dijual di Pegadaian pekan iniyang terkapar sejak awal pekan. Hal ini seiring dengan harga emas dunia dan emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk atau yang biasa disebut emas Antam yang terkoreksi parah.

 

Pegadaian juga menjual 3 jenis emas Antam tetapi memang harganya berbeda-beda dengan emas Antam yang dijual di situs logammulia.com.

 

Berdasarkan situs resmi Pegadaian, Harga emas Antam retro mengalami penurunan dari level awal pekan. Emas Antam retro 1 gram hari ini dibanderol Rp 901.000/batang.

(cnbc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *