Pertama DiBandung, Yayasan Darul Hikam Resmikan Mesjid Untuk Solat Jumat Bagi Perempuan

by -10 views

Publikbogor.com – Yayasan Darul Hikam International School mulai mengoperasikan Masjid Ibrahim di Lembang, Bandung Barat. Masjid ini diyakini yang pertama di Bandung atau Jawa Barat yang memberi ruang bagi jemaah perempuan melaksanakan salat Jumat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Darul Hikam International School Sodik Mudjahid mengatakan, adanya ruang untuk perempuan salat Jumat juga sangat diperlukan. Sehingga pihaknya memfasilitasi masjid ini, agar mereka yang akan menunaikan salat Jumat bisa leluasa dalam beribadah.

“Ibu-ibu belajar Islam, maka dia belajar banyak kehidupan. Itu lah sebabnya kita akomodasi ibu-ibu yang ingin belajar tapi tak ada waktu. Saat khotbah Jumat mereka bisa mempelajari agama,” kata dia.

Termasuk soal hukum perempuan salat Jumat. Selama ini banyak yang salah paham, di mana laki-laki memang wajib shalat dhuhur dan wajib shalat jumat. Sementara, perempuan wajib shalat Dhuhur dan sunah untuk menjalankan shalat Jumat.

“Dhuhur bagi perempuan wajib, sementara shalat Jumat hukumnya sunah bagi perempuan, atau memang tak wajib. Tapi, kalau sudah shalat Jumat tak perlu shalat dhuhur lagi. Ini, bagian dari perluasan ilmu agama ke ibu-ibu untuk lebih mempelajari agama,” paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Masjid Ibrahim memiliki daya tampung 300 orang. Sekitar 200 orang untuk laki-laki dan 100 untuk perempuan. Kedepan, pihaknya berencana menambah luas masjid, sehingga bisa menampung jemaah lebih banyak lagi.

Dia berharap, perempuan yang sudah menjalankan salat Jumat, bisa sekalian ikut taklim atau pengajian. Untuk menerepakan protokol kesehatan Covid-19, kata dia, semua jamaah wajib untuk menggunakan masker dan membawa alat sholat masing-masing. Arif budianto

 

Sumber : Sindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *