Unik! Pemuda Asal Bogor Buka Salon Khusus Ikan Cupang

by -12 views

Publikbogor.com – Di masa pandemi ini, ikan cupang tengah jadi primadona dan jadi hewan peliharaan favorit banyak orang. Ikan dengan nama latin Betta sp. ini dikenal punya corak warna yang unik dan menawan.

 

Bahkan saat ini harga ikan berukuran mungil tersebut bisa menyentuh angka jutaan rupiah per ekornya. Apalagi ikan cupang yang berhasil meraih juara di kontes-kontes yang kini ramai digelar, harganya bisa melambung tinggi.

Melihat peluang tersebut, seorang warga Kampung Lebak Oca, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bernama Firman berinisiatif membuka jasa rias ikan cupang. Bisnis ini berawal dari seorang kenalannya yang berniat untuk memperindah dan merapikan penampilan ikan cupang peliharaannya.

 

Ia mengawali bisnisnya dengan alat sederhana. Usahanya ini mendapat respon positif dari sesama pehobi ikan cupang. Berikut selengkapnya.

 

Menggunakan Teknik Bius Es Batu

Dilansir dari tayangan Fokus Indosiar, Firman menjelaskan jika dirinya lebih dulu membius ikan cupang dengan es batu sebelum meriasnya.

 

“Kita pakai bius ya, bisa pakai bius arwana, bius batu es kalau ngga pakai batu es juga bisa, tapi kalo saya di sini kebetulan pakai batu es,” kata Firman.

 

Merias Ikan Cupang

Firman biasanya diminta untuk merapikan dan menyulam sirip ikan cupang agar lebih rapi. Tujuannya agar harga jual ikan cupang tersebut bisa meningkat.

 

“Biasanya sih kita akan dirapihin, dipotong siripnya ya pakai silet atau pakai gunting juga bisa,” ujarnya.

 

Dikenakan Tarif Rp25.000-Rp30.000

Untuk mendapatkan jasanya ini, Firman mematok tarif Rp25.000 hingga Rp30.000 tergantung dari tingkat kerumitan yang diminta pelanggan.

 

Dalam sehari, ia mampu menghias hingga puluhan ikan cupang. Jumlah konsumennya akan meningkat saat ada kontes cupang yang digelar.

 

“Untuk ikan yang dirias, harganya dimulai dari Rp25 ribu hingga Rp30 ribu, sehari kadang bisa sampai 30 ekor ikan yang didandani,” pungkasnya.

Sumber : Merdeka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *