, ,

Evakuasi Korban Longsor Lembang, Satu Orang Tewas Ditemukan

by -
Ilustrasi Longsor

Publikbogor.com — Petugas SAR gabungan menemukan korban tertimbun longsor di Kampung Lebak Cihideung, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (25/12). Dedi Rohendi (43), korban tertimbun longsor ditemukan dalam kondisi tak bernyawa sekitar pukul 18.39 WIB.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung Supriono mengatakan korban ditemukan tim di kedalaman material longsor kurang lebih satu meter.

“Pukul 17.00 WIB korban dievakuasi oleh tim SAR gabungan ke rumah duka,” kata Supriono dalam keterangan tertulis.

Dengan penemuan korban itu maka operasi SAR ditutup, seluruh unsur yang terlibat kembali ke satuannya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo mengatakan, jasad Dedi ditemukan petugas gabungan di bagian tengah rumah yang bangunannya sudah rata dengan tanah.

Adapun proses pencarian sendiri dilakukan secara manual seperti menggunakan cangkul dan linggis serta air yang menyemprot gundukan tanah.

Menurutnya, hambatan dalam proses evakuasi dikarenakan hujan yang terus mengguyur sehingga memunculkan potensi longsor susulan. Ditambah ketebalan tanah material longsor yang mencapai dua meter.

“Jadi proses pencarian secara manual, karena tidak bisa diakses kendaraan berat,” ujar dia.

Dedi sendiri merupakan ketua RT setempat. Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Ketiganya juga menjadi korban longsor tersebut dan sempat terjebak di dalam rumah yang ambruk. Namun ketiganya berhasil diselamatkan.

(Cnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *