,

Habib Rizieq Ditahan Karena Langgar Pasal 160 KUHP Tentang Penghasutan

by -

Publikbogor.com – Polri menegaskan, Imam Besar FPI, Habib Rizieq ditahan karena melanggar Pasal 160 KUHP tentang Penghasutan dengan ancaman 6 tahun penjara. Polri menyatakan hal itu menyusul maraknya aksi solidaritas menyerahkan diri ke pihak kepolisian dan meminta hukumnan yang sama seperti Habib Rizieq.

 

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan menerangkan, pelanggaran yang menyebabkan Habib Rizieq ditahan bukan hanya perihal protokol kesehatan, melainkan terkait penghasutan.

 

“MRS itu ditahan bukan terkait kasus protokol kesehatan, bukan hanya kerumunan Petamburan, tapi karena melanggar Pasal 160 KUHP ancamannya 6 tahun penjara,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi MNC News Portal, Senin (14/12/2020).

 

Karena itu, kata Ramadhan, Habib Rizieq perlu ditahan. Itu karena jika hanya melakukan pelanggaran protokol kesehatan yakni hanya dikenai Pasal 93 UU Kekarantinaan Kesehatan Nomor 6 tahun 2018 dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara, Habib Rizieq tidak bisa ditahan karena ancaman hukumannya di bawah 5 tahun.

 

“(MRS) itu dikenakan pelanggaran prokes juga, tapi yang menjadi alasan untuk penahanannya adalah Pasal 160 KUHP,” ucapnya.

 

Sebagaimana diketahui, selain pelanggaran UU Karantina Kesehatan, Habib Rizieq dijerat dengan Pasal 160 KUHP terkait penghasutan dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan 216 KUHP.

(Okz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *