, , ,

Inggris Sudah Mulai Suntikkan Vaksin

by -

Publikbogor.com – Inggris merealisasikan rencananya melakukan imunisasi massal COVID-19 dengan menyuntikan vaksin buatan perusahaan farmasi Pfizer. Negara Ratu Elizabeth itu menjadi yang pertama di dunia menggunakan vaksin Pfizer usai diberi izin daruratnya pada pekan lalu.

 

Stasiun berita BBC, Selasa (8/12/2020) melaporkan perempuan berusia 90 tahun menjadi orang pertama yang menerima vaksin Pfizer. Inggris berencana menyuntikan 800 ribu dosis vaksin buatan Pfizer dan BioNTech dalam beberapa pekan mendatang. Sementara, empat juta vaksin diperkirakan akan diberikan pada akhir Desember ini.

 

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, mereka akan memprioritaskan pemberian vaksin COVID-19 bagi mereka yang berusia lansia, pekerja yang merawat lansia dan pekerja medis. Tujuannya agar mereka bisa kembali hidup normal.

 

Margareth Keenan yang menjadi orang pertama penerima vaksin mengaku sangat terhormat bisa mendapat lebih dulu vaksin Pfizer. Menurut Keenan, vaksin Pfizer ini menjadi kado awal sebelum ia berulang tahun pada pekan depan.

 

“Artinya, saya bisa menantikan waktu untuk bisa kembali berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di malam tahun baru setelah selama ini sendirian setahun terakhir,” kata Keenan.

 

Ia pun mendorong kepada staf medis yang selama ini sudah menjaganya. Ia menyarankan agar orang lain ikut disuntik vaksin. “Bila saya yang berusia 90 tahun bisa mendapatkannya, maka kalian juga bisa,” tutur dia lagi.

 

Sedangkan, di Irlandia Utara, suster Joanna Sloan menjadi individu pertama yang menerima vaksin Pfizer di RS Royal Victoria. Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengatakan perjalanan untuk keluar dari pandemik masih panjang. Tetapi, hari pertama vaksinasi menjadi penanda sudah ditemukan jalan keluar.

(Idnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *