, ,

Pemasaran Jadi Permasalahan UMKM di Tenjo

by -

Publikbogor.com – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kerajinan dan kuliner masyarakat di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor, masih terbentur dua permasalahan pelik. Tidak hanya rendahnya kemasan produksi, namun juga ruang lingkup pemasaran yang terbatas.

Kedua kendala tersebut menjadi penghambat para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha. Padahal secara kualitas, hasil produksi para pengusaha UMKM yang tersebar di 9 Desa Kecamatan itu cukup baik. Bukan hanya mampu bersaing dengan daerah lainnya di Jawa Barat, tapi juga telah menembus beberapa daerah di pulau Jawa.

“Karena itu, perlu ada sinergitas antara pelaku UMKM, pengusaha dan pemerintah. Hasil produksi para UMKM tidak kalah dan mampu bersing di beberapa negara Asia” Ketua UMKM kecamatan tenjo Yakub Kamis (31/12/2020).

Ia mengatakan, untuk mendorong peningkatan kualitas produksi akan mengoptimalkan peran serta pemerintah. Apalagi hasil produksi seni kerajinan telah berperan secara nyata dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat.

“Mengingat peranan serta potensinya yang sangat besar untuk meningkatkan kreatifitas secara dinamis, maka seni kerajinan maupun kuliner di kecamatan tenjo kabupaten Bogor tidak hanya perlu digali, dilestarikan, dan dibina. Tapi perlu didorong pertumbuhan serta perkembangannya,” katanya,

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *