Pencipta Wifi Tutup Usia

  • Bagikan

Publikbogor.com – Norman Abramson, ilmuwan pencipta teknologi Wireless dikabarkan meninggal dunia di usia 88 tahun. Dilaporkan The New York Times & The Verge, Sabtu (12/12), professor Abramson tutup usia usai berjuang melawan kanker kulit yang dideritanya dan telah menyebar hingga ke paru-paru.

 

Abramson merupakan lulusan Ph.D Teknik Elektro di Universitas Stanford. Saat meraih gelar S3 itu, dia melakukan riset mengenai teori komunikasi yang mencakup bidang ilmu matematika, teori informasi serta semiotika. Setelah lulus, dirinya sempat bekerja untuk perusahaan aviasi Amerika yakni Hughes Aircraft Company.

 

Tak lama kemudian, ia pindah bekerja ke Universitas Hawaii sebagai professor teknik elektronika dan ilmu komputer. Di sana ia getol melakukan riset, salah satunya yang menjadi cikal bakal jaringan internet nirkabel atau WiFi.

 

Proyek riset tersebut adalah mengembangkan sebuah teknologi berbasis radio yang nantinya dapat membantu sekolah atau kampus untuk mengirim maupun menerima data dari lokasi yang terpencil. Proyek ini dilakukan di lokasi terpencil di Hawaii.

 

Advanced Research Projects Agency (ARPA) menjadi donatur proyek yang dilakukan oleh Abramson. Singkat cerita, setelah melakukan berbagai serangkaian riset, akhirnya Abramson menemukan sebuah sistem yang dianggapnya saat itu mampu mengirimkan paket data melalui jaringan radio dengan lebih efisien tanpa membutuhkan penjadwalan trasmisi.

(Mdk)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *