, ,

Virus Corona Varian Baru?

by -

Publikbogor.com – Virus corona varian baru ditemukan di Nigeria, berbeda dengan strain sangat menular yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan.

Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Afrika John Nkengasong mengumumkan temuan strain jenis P681H itu, Kamis (24/12/2020).

Petugas medis belum meyakini sepenuhnya varian baru di Nigeria ini lebih menular dibandingkan versi biasa. Nkengasong juga mengakui terlalu dini untuk memastikannya.

“Beri kami waktu, ini masih sangat awal,” kata Nkengasong, dikutip dari The Sun, Jumat (25/12/2020).

Menurut dia, peringatan adanya varian baru didasarkan pada dua atau tiga urutan genetik, namun kasus yang ditemukan di Afrika Selatan pada akhir pekan lalu sudah cukup untuk mendorong DCD Afrika menggelar pertemuan darurat.

Pada Rabu malam, Menteri Kesehatan Afrika Selatan mengumumkan tingkat penyebaran Covid-19 yang mengkhawatirkan. Negara itu mengonfirmasi penambahan lebih dari 14.000 kasus baru pada Selasa yang merupakan rekor tertinggi. Sekitar 400 di antaranya meninggal dunia.

Makalah penelitian yang diungkap The Associated Press menyebutkan, varian baru di Nigeria ditemukan pada dua sampel pasien yang dikumpulkan pada 3 Agustus dan 9 Oktober di Negara Bagian Osun.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *