, , ,

Walikota Bogor Nilai Dinkes Lambat Tangani Covid

by -

Publikbogor.com – Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan telah melakukan evaluasi mendasar dan menyeluruh terhadap kinerja Dinas Kesehatan yang dinilai lamban dalam penanganan dan antisipasi COVID-19 di kota itu.

 

“Penanganan COVID-19 banyak yang tidak cepat. Dinas Kesehatan tidak cepat dan sangat lambat dalam menangani COVID-19. Seharusnya, Dinas Kesehatan bisa bergerak cepat,” kata Bima Arya di Balai Kota Bogor dilansir Antara, Rabu (30/12).

 

Menurut Bima Arya, Dinas Kesehatan lambat dalam penanganan COVID-19 terutama pada proses “tracing, testing, dan treatment, terhadap warga. “Seharusnya Dinkes bergerak cepat dalam melakukan tracing, testing, dan treatment, untuk menekan peningkatan penyebaran kasus positif COVID-19,” katanya.

 

Bima Arya menegaskan dari evaluasi yang dilakukannya akan ada perubahan dan perubahan itu akan diumumkan pada Januari 2021. “Rencana perubahan pada Januari mendatang, fokus saya pada Dinkes,” katanya.

 

Menurut Bima, rencana penanganan COVID-19 pada 2021, meningkatkan pencegahan dan antisipasi, yakni dengan penguatan kerja surveilance serta “tracing, testing,dan treatment”.

 

Pada kesempatan tersebut, Bima menyatakan terus meningkatnya upaya pencegahan penyebaran kasus positif COVID-19, karena kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk melakukan perlindungan diri sudah menurun. “Saat ini masyarakat sudah banyak yang abai menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

 

Penurunan kepedulian dan kesadaran masyarakat tersebut, kata dia, tidak hanya terjadi di Kota Bogor, tapi juga di daerah lainnya. “Saya kemarin ke Bandung dan melihat persoalannya sama saja. Jadi, kepedulian warga yang harus ditingkatkan. Warga harus terus diingatkan. Saya kira kuncinya di situ,” katanya.

 

Berdasarkan data harian penanganan COVID-19 di Dinas Kesehatan Kota Bogor, sampai Rabu (30/12), kasus positif COVID-19 di daerah itu mencapai 5.127 kasus.

 

Dari jumlah tersebut, kasus positif yang masih sakit (aktif) ada 928 kasus. Sedangkan, penambahan kasus positif pada Rabu hari ini sebanyak 73 kasus, pada Selasa (29/12) ada 67 kasus, pada Senin (28/12) ada 74 kasus, Minggu (27/12) ada 73 kasus, dan pada Sabtu (26/12) ada 74 kasus.

 

(Mdk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *