, , , ,

Ada 3 Jenis Bansos Cair Bulan Januari 2021

by -
Ilustrasi

Publikbogor.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini akan meneruskan tiga program bantuan sosial (bansos), yaitu Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Tunai (BST). Nantinya, ketiga bansos tersebut dicairkan pada awal bulan ini.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menyarankan jumlah bantuan bansos lanjutan pada masa pandemi Covid-19 bisa lebih ditingkatkan dan target sasaran diperluas. “Sebaiknya jumlah bantuan bisa lebih ditingkatkan lagi. Jenisnya tidak perlu banyak, yang penting target sasarannya diperluas,” ujar Bhima saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (3/1/2021).

Dia mencontohkan, bantuan nontunai yang diperluas karena adanya ada tambahan orang miskin baru selama masa pandemi Covid-19. Menurut data yang dimilikinya, per Maret 2020 ada 26,4 juta orang penduduk miskin.

“Bulan September 2020 data statistik diperkirakan penduduk miskin tembus 29-30 juta orang. Ini akan jadi tantangan di 2021,” kata dia.

Selain itu, Bhima menyampaikan ada pekerjaan rumah (PR) yang dimiliki oleh Mensos Tri Rismaharini, yaitu menyinkronkan data penerima bantuan dengan program lainnya.

“Masalahnya ada kecenderungan tumpang tindih penerima bantuan, mulai dari subsidi gaji, kartu pekerja, bantuan kelompok mikro, sampai bantuan tunai dana desa. Kalau tumpang tindih masih terjadi, dikhawatirkan bantuan jadi kurang efektif, ada yang dapat bantuan tapi masih banyak yang belum,” ucapnya.

 

(iN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *